nama saya..

gara-gara baca ini gw jadi kepikiran buat nyeritain asal-usul nama gw.. hahaha.. gak penting..

FYI nama lengkap gw yang saat ini tertulis di KTP adalah DIMAS MUHAMMAD ZAQI..
sementara di KTP gw yang sebelumnya dan SIM C gw, nama yang tertulis adalah DIMAS MUHAMMAD ZAKKI..

nampak berubah-rubah seenak jidat aja.. haha..

menurut sejarah kelahiran gw dulu. nama yang diberikan sama orang tua gw adalah :

DIMAS HADI PRAWIRA.

nama DIMAS adalah nama gw yang merupakan singkatan dari haDI dan MASawang. yaitu nama bokap dan kakek nya nyokap. HADI adalah nama bokap. sementara PRAWIRA adalah nama kakek gw dari bokap. akan tetapi, pada akta kelahiran asli gw yang di terbitkan saat gw lahir, nama yang tercantum cuma DIMAS. dan ini terus terbawa sampai umur 17 tahun. dan karena hal ini jugalah gw jadi punya panggilan DIMASTO. yang artinya kurang lebih DIMAS TOK atawa cuma dimas.

pada saat umur gw mendekati 17 tahun tiba-tiba nyokap gw punya pikiran buat "memperpanjang" nama gw. awalnya diusulkan dikasih nama depan AHMAD (yang gw gak tau dari mana asal-usulnya nama ini) dan dikasih nama belakang ZAKI (yang katanya punya arti cerdas). tapi karena udah ada orang lain yang gw kenal cukup dekat dan bernama AHMAD ZAKI. maka gw menolak nama yang diajukan tersebut dengan alasan takut dituduh plagiat (halah.. gebleg.. nama aja di plagiatin..). dan karena gw tertarik dengan ide nambahin nama, gw pun jadi ikutan mikir nama apa yang bakal gw pake.

pada waktu itu gw punya kebiasaan buat nulis inisial nama gw dengan DMZ. dan karena itulah gw kepikiran buat ngejadiin inisial asal-asalan itu jadi inisial beneran. maka disusun lah sebuah nama DIMAS MUHAMMAD ZAKI. dengan nama DIMAS tetep jadi nama gw, MUHAMMAD sebagai ganti AHMAD dan juga sekaligus diambil dari nama rasulullah, dan ZAKI tetap dengan alasan yang sama dengan ide nyokap gw. tapi buat nama ZAKI nya biar sedikit unik gw menambahkan satu huruf K lagi jadi ZAKKI. (wkwkwk.. nama seenak jidat sendiri..) dan resmi lah gw dengan nama DIMAS MUHAMMAD ZAKKI sejak lulus sma dengan ngeganti akte kelahiran dan slametan pake bubur merah putih.

tapi setelah itu pun masi belom final nama gw. masih ada satu kali lagi revisi yang dilakukan ama nyokap gw. yaitu dengan ngeganti 2 huruf k pada ZAKKI menjadi 1 huruf Q. dan ini diresmikan pada pembuatan KTP gw yang terakhir taun 2005.

kalo dipikir-pikir, kayaknya aneh bener gw ini.. nama bikin sendiri.. trus ganti-ganti pula.. tapi kalo kata orang-orang tua dulu.. sebuah nama selalu memiliki arti dan merupakan doa yang bisa mengambarkan perjalanan hidup seseorang.. malah ada yang bilang kalo nama yang dikasih terlalu "berat" maka perjalanan hidup seseorang bakal berat, banyak sakit dan gejala-gejala "rejection" yang lain, dan nama yang terlalu "ringan" dan "asal-asalan" bikin hidup jadi gak berarah. walopun ini cuma katanya orang-orang tua dulu tapi gw cukup percaya klo ngasih nama sebaiknya ga asal-asalan.

hahaha.. enuf for dis time.. tar dilanjut lagi kapan-kapan..

Comments

Anonymous said…
Orang Jawa ya Dim? Biasanya yang namanya Dimas, orang Jawa :D *sok tau ya gw*
Anonymous said…
ck ck bukan maen
pantes perasaan dulu kenalan bukan pake nama zakki deh kayanya
*geleng-geleng kepala*
Anonymous said…
Huahahahahaha,,, ada-ada aja lo dim! Baru kali ini gw tau ada peristiwa penamaan kayak gini. :p
Anonymous said…
ow gitu toh sejarahnya...
untung nama gue pendek cuma sembilan huruf terdiri dari dua kata...
pantes aja idup gue selalu easygoing, alhamdulillah...
Anonymous said…
hmm... kayaknya perjalanan hidup gw lancar2 aj d... ups and downs biasa lah... walaupun nama gw berat pikulannya hehehe...
Anonymous said…
Eeh ya ampun!! Berliku-liku juga ya perjalanan nama loe. Perjalanan hidup loe lebih berliku ga?? Haha.. jadi sekarang nama loe Dimas M. Zaqi nih?!

-misae-
Anonymous said…
lucu juga sejarah lu dim... :D
Anonymous said…
Hati2 dengan penulisan nama Bossm, terutama klo hub-nya ama passport. Boss Edo agak tersendat dalam pengurusan loan buat kul-nya di Spore gara2 nama di passport-nya kepanjangan. Di form-nya cuma nyedian blank kolom yg tdk sepanjang namanya wkwkwk..Apalagi perbedaan huruf..bisa berabe juga..

Popular Posts