Pages

28.2.07

stuck..

Through the fire
To the limit, to the wall
For a chance to be with you
I'd gladly risk it all
Through the fire
Through whatever, come what may
For a chance at loving you
Id take it all the way
Right down to the wire
Even through the fire

chaka khan - through the fire

22.2.07

losing something..

barusan ngecek FS, eh ada testimonial dari temen deket gw. salah satu bagian isinya gini..

"It's more fun when you're just friends. The more you love something with all your heart, the harder and more painful things get. But people still fall in love." haruka-chan

iya kah?

gw tetep berpikir pada realitas bahwa apapun yang kita miliki sekarang suatu saat nanti pasti akan pergi meninggalkan kita. lantas apakah karena begitu kita bisa membiarkan saja apa yang kita miliki tanpa menjaganya? nggak kan? ketika memiliki sesuatu, jagalah bagaikan itu milikmu selamanya. namun ketika kehilangannya lepas lah sebagaimana itu milik yang maha kuasa.

hari ini, ayah salah seorang temen deket gw meninggal dunia. penyebabnya karena sakit yang udah lama diderita, liver dan ginjal. pas tadi ngelayat ke rumahnya, dia terlihat sebagai sosok wanita yang tegar dan tetap berusaha tersenyum, walaupun kesedihan jelas terlihat di raut wajahnya. sedikit mengingatkan gw waktu bokap gw meninggal. gak terasa udah 2 tahun lewat.

hmmmmm.........

lupa.. baru aja tau kalo pak sobron aidit, adik dari pak d.n. aidit, meninggal dunia tanggal 10 februari kmaren di prancis.. kalo gak salah tyara punya cerita khusus tentang si bapak ini..

19.2.07

TA euy..

barusan ngulik bahan TA di perpus. dengan sedikit modal clue dari dosen pembimbing yang udah jadi mahadewa di bidang gempa dan pondasi jadilah gw nyari kira-kira gimana ngebahasain tuh clue jadi laporan.

dapet beberapa poin penting terkait sama kasus jembatan sukarno yang jadi topik gw:
  1. pondasi yang digunakan adalah pondasi dalam dengan tiang bor. jadi butuh teori dasar tentang perencanaan pondasi dalam.
  2. desain awal udah ada. yang musti gw kerjain adalah perkuatannya. jadi butuh data tanah dan desain eksisting.
  3. pengerjaan analisisnya make software group dan plaxis 3D. jadi gw butuh manual dan ngertiin konsep yang dipake sama softwarenya.
  4. kemungkinan gw musti nyiapin beberapa alternatif desain buat perkuatan. yang ini musti meres otak ampe kering.
selain poin-poin diatas, mungkin ada lagi tambahan dari sang dosen. semoga gak banyak-banyak. mengingat waktu yang gw punya buat ngerjain cuma 4 bulan.

dari beberapa orang yang gw tanyain tentang topik ini semuanya menjanjikan prospek cerah buat karir gw. pertama, katanya gak banyak yang menguasain software yang musti gw pake, jadi kalo gw bisa makenya pasti bakal banyak dicari. kedua, dosen pembimbing gw dikenal sebagai orang yang murah hati dalam urusan ngasih rekomendasi. once i gain his trust, jalan kemana-mana terbuka lebar buat gw. dan yang ketiga *ini harapan gw* dia punya kerjaan buat gw. hehehe...

arghh.. butuh semangat ekstra nih!!!

18.2.07

phil collins dan panas dalam?

Well I dont wanna think about what weve said
And I dont wanna know why we hurt ourselves
cos I just wanna hold you so close to me
It'll take care of itself and I wanna sleep

phil collins & fourplay - why can't it wait till morning?

sepenggal lagu yang lagi bolak-balik diputer di winamp. gak makna sih sebenernya. cuma suka aja dengernya. kepikiran sedikit sih..

kadang kalo ngadapi sebuah persoalan sering kebawa-bawa dimanapun. walopun pikiran lagi kalut, hati penuh emosi dan badan lagi cape. kenapa nggak cari waktu yang tepat buat ngebicarainnya? emang kalo yang namanya masalah itu baikny diselesaikan secepatnya. tapi kalo dipaksa buat diselesaikan pada waktu yang gak tepat yang ada malah nambah masalah.

sabtu minggu kmaren nonton the panas dalam di closing nya olimpiade. thanx to sang kordinator opclos yang sudah berbaikhati buat ngabarin dari jauh-jauh hari. jadi gw bersenang hati buat ngosongin waktu untuk nonton. lirik lagu yang dimainin pun cukup menyenangkan. koboy kampus, tong gandeng, lagu timur, kopral jono bencong, rintihan kuntilanak dan yang paling gw suka, jatinangor, seru lah.

walopun banyak orang yang gak terlalu suka sama mereka karena lirik-lirik lagunya banyak yang gak makna. tapi buat gw band ini paling pas kalo manggung di itb. banyak sejarahnya soalnya. dan nuansa main mereka kampus ini banget lah. berlebihan? mungkin. soalnya kalo anak jaman sekarang mungkin kurang kenal sama mereka. tapi buat gw dan temen-temen seangkatan gw yang lain. lagu-lagu mereka jadi legenda yang sering dinyaniin dan diiringi ama cerita-cerita yang udah kayak folklore di kampus.

lagu jatinangor misalnya nyeritain seorang mahasiswa itb yang ngejar cewe unpad, bela-belain ke jatinangor, beli buku-buku dan akhirnya patah hati. lagu koboy kampus yang nyeritain mahasiswa yang kelewat kapangan di kampus ditinggal temen-temen seangkatan dan mulai dilewatin ama ade kelas. lagu kuntilanak yang nyeritain mitos kuntilanak di segitiga deket gedung FSRD. dan banyak lagu lain yang bernuansa kampus banget. enak buat bernostalgia tentang kampus jaman dulu.

terlepas dari penampilan dan lirik-lirik mereka yang kacrut itu. personel-personel mereka adalah orang-orang yang enak diajak diskusi, cerdas dan punya nilai ideal yang mereka jaga. okelah, mungkin yang gw tau cuma alga indria vokalis yang juga mantan presiden keluarga mahasiswa itb. tapi gw cukup yakin kalau yang lain juga setipe sama alga.

oh iya, sebenernya ada foto-fotonya. cuma sayangnya temen gw belom ngaplot. jadi nampaknya bakal menyusul saja.

15.2.07

sedih....

sendal jepit gw ilaaaangg!!!!!!! tidaaaaaakkkkkk!!!!!

7.2.07

antara resepsi, mahasiwa & pns..

hari ini seorang temen seangkatan saya melangkah menuju sebuah era baru dalam hidupnya, nikah. mungkin ini udah jadi hal yang lazim, jaman masih kuliah gini dah nikah. yah, selamat menempuh hidup baru lah ya buat pasangan dre dan syifa. semoga berhasil membangun keluarga yang bahagia. tadi siang resepsi pernikahan yang dilangsungkan di ruang serba guna pusdai ini dihadiri oleh sekian banyak orang. tapi yang menarik, ada banyak orang berseragam PNS yang hadir. usut punya usut, ternyata bokapnya temen saya ini seorang pejabat di salah satu instansi negara di bandung. jadi bawahan-bawahannya diundang. tapi, entah kenapa saya kesel banget ngeliat kelakuan mereka yang kelewat kampungan.

oke lah, mahasiswa emang jarang dapet undangan resepsi pernikahan yang banyak makanan enaknya, jadinya agak-agak kampungan kalo ngeliat makanan yang jarang-jarang ditemuin. tapi setidaknya para PNS itu jauh lebih kampungan lagi. bayangin aja, saya baru dateng, lagi ngantri mau salaman ama penganten, lagi ditengah antrian, tau-tau dateng segerombolan ibu-ibu berseragam PNS yang langsung nyelak antrian di depan saya. dem.. kalo aja itu bukan di resepsi nikahan temen saya, tapi di antrian tiket atau KSM. saya jamin, bakal saya tendang tuh ibu-ibu. gak peduli ama umurnya yang udah setara ama ibu saya. trus, pas saya lagi ngantri makanan di gubuk bistik lidah kejadian serupa juga terjadi. cuma kali ini seorang bapak berseragam PNS dan istrinya. tanpa permisi, langsung aja motong didepan saya lagi. bangsat!!! *dalam hati* langsung naik emosi saya. kali ini saya negor tuh bapak, kalo antrian nya masih panjang. tapi tuh orang cuek aja, malah dia narik istrinya masuk ke barisan antrian. anjis!!! *masih dalam hati* abis itu saya langsung cabut pindah antrian ke gubuk yang lain daripada emosi ngeliat tuh bapak-bapak dan mulai melakukan tindakan-tindakan yang menjurus ke tindak pidana seperti ngambil garpu tumpul dan menusuk mata tuh bapak-bapak kemudian mencongkel dan mengunyahnya seperti layaknya seorang kanibal yang kelaperan. *okeh.. waktu itu gw emang kelaperan, cuma kayaknya kaga segitunya deh..*

dari situ saya jadi mikir, kampring banget sih! emang kek gini kah kelakuan seorang pegawai negeri sipil di negeri ini. seseorang yang harusnya mengutamakan pelayanan pada masyarakat. tapi ternyata di hal yang sepele semacem antrian makanan aja masih nyelak-nyelak. gimana kalo urusan yang lain? bisa lebih parah lagi mungkin. wajar kalo ternyata sarang korupsi di indonesia malah ada di instansi negara. kesel saya..

oke lah.. mungkin ini nggak berlaku buat semua orang yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil cuma buat yang saya liat tadi siang aja. buat yang merasa tersinggung, sori-sori aja lah ya. gak maksud awak..

oh iya.. HMS kalah sama HME di final voli putra.. dasar nasib.. dari dulu cuma bisa jadi runner -up.. tah papa.. kecewa awak.. lengkap lah hal-hal yang membuat mood saya buruk hari ini..

3.2.07

jakarta banjir euy..

3 hari ini jakarta ibu kota yang nista digempur sama air. dimana-mana banjir. termasuk di rumah gw, yang notabene sangat jarang kebanjiran dan emang bukan di jakarta. sampe-sampe nyokap gw nelpon buat nanyain di kosan gw banjir apa kaga. hihihi..

apakah banjir ini bagian dari siklus 5 tahunan yang digembar-gemborkan itu? kurang percaya juga gw. walopun tepat 5 tahun yang lalu emang kejadian juga banjir yang ampir sama kayak sekarang. tapi buat gw itu bukan bukti yang empiris buat menyimpulkan kalo emang siklus banjirnya 5 tahunan. *hihihihi.. gaya lu dim..* soalnya setau gw, banjir dan ujan tuh kaga pake siklus. yang gw kenal cuma istilah siklus hidrologi, dan itu beda banget ama istilah siklus hujan atau siklus banjir. tapi buat perencanaan saluran emang ada istilah sejenis yang disebut periode ulang.

banjir yang terjadi di jakarta skarang katanya lebih besar dari yang terjadi 5 tahun yang lalu. hmm.. kalo ngeliat berita di tipi sih, kayaknya emang gitu. setidaknya di rumah gw, banjir yang skarang lebih tinggi soalnya dah masuk ke garasi dan sampe ke anak tangga nomor 2 di teras. sementara dulu cuma sampe jalan aja dan gak sampe 2 hari banjirnya dah reda.

kepikiran gak sih kok jakarta bisa banjir kayak gitu?
gw mengasumsikan beberapa teori yang udah lazim disebut jadi penyebab banjirnya jakarta.

1. berkurangnya lahan hijau sebagai daerah resapan air.
berhubung daerah puncak dah banyak dijadiin pemukiman. jadinya gini deh. ujan yang diterima di daerah tangkapan hujannya sedikit yang di resap ke tanah. banyakan yang dialirin ke sungai. jadinya debit sungai ciliwung pun menggila begitu sampe jakarta.
2. penurunan muka tanah jakarta.
penggunaan air tanah di jakarta udah sangat mencemaskan. sampe-sampe muka air tanah di jakarta terus menurun. dan pada akhirnya terjadi settlement (ini istilah geoteknik). jadinya banjir selalu terasa makin tinggi.
3. perencanaan kota yang acakadul.
kurangnya lahan hijau untuk resapan hujan dan kapasitas saluran yang kelewat basi jadi masalah utama.
4. mengecilnya kapasitas saluran drainase oleh limbah.
bukan cuma limbah, tapi juga sama pemukiman-pemukiman liar yang ada di pinggiran kali.

ada yang mau nambahin lagi? kayaknya masih banyak sih. sekarang gimana caranya nanggulangin nya ya? setiap mikirin satu masalah pasti mentok di masalah yang lain. jadi kayak lingkaran setan. kecuali mau motong satu jalur lingkaran itu. trus selesain dari sana. kalo gw mah mikirnya gampang aja. pindahin semua orang dari jakarta. trus ancurin tuh kota. bikin lagi dari awal. >:)

eniwei.. saya jadi keingetan 5 tahun yang lalu. waktu itu saya pulang sekolah nebeng sama temen saya naik mobilnya dia. kejebak macet, nyari jalan pintas muter-muter jakarta timur, kejebak banjir di cipinang, ngangkat mobil yang nyemplung ke got dan ngabisin hampir 8 jam di jalan. dari skolah jam stengah 5 sore sampe rumah jam stengah 1 malem. masih belom separah temen saya yang rumahnya di bintaro sih. 9 jam di jalan, ampe sempet nginep di mobil.


*jadi kasihan ama temen-temen saya yang di jakarta.. pada ngungsi gak ya?? kasi kabar oi!!*