Pages

9.12.07

begadang oh jangan begadang..

okeh.. ini pengalaman pertama kali gw begadang di kantor.. disuruh nemenin si boss lembur ceritanya..

tadinya gak ada niatan buat ampe begadang di kantor.. tapi gw boleh dibilang terjebak lah..

ceritanya gini..

abis magrib gw balik ke kantor buat nyelesain input data yang masih nyisa.. pas udah selesai, datanglah si boss nyamperin..

"kamu pacaran gak malem ini??"

gw bilang..

"nggak tau mas.. nunggu panggilan aja saya mah.."

trus dia bilang..

"ooo.. klo ga ada panggilan, kamu bantuin saya yah.. bikin inception report.. musti kelar besok pagi nih.."

karena gw pikir bakal cepet.. gw pun meng-iya-kan tanpa basa-basi..

"okeh lah.. tapi saya blm pernah bikin.. jadi tolong diajarin.."

gak pake lama.. dia langsung ngajarin gw bikin report nya.. tapi sebelom selesai kursus kilatnya.. gw baru inget kalo si anak kecil lagi nunggu di warnet buat dianterin ketempat temennya..

langsung lah gw minta ijin cabut dulu ke si boss.. dengan janji bakal balik lagi skitar jam 9an (malem).. tapi ternyata si anak kecil masi nyari bahan tugas nya di warnet.. baru slesai skitar jam 9.. trus nemenin dia makan dan akhirnya baru nganterin dia ke tempat temennya skitar jam 10.30an..

eh.. ternyata si boss di kantor dah tinggal sendirian.. pake cerita keabisan rokok pula.. jadi lah dia nelpon gw..

"dimana kamu?? katanya jam 9?? dah jam brapa nih skarang.. buruan ke kantor.. saya titip rokok sebungkus.. ama minuman dingin.. jangan lama yak!!!"

akhrinya gw balik ke kantor jam 11.. ternyata kantor dah beneran sepi.. tinggal si boss sendirian.. lalu mulai lah gw basa-basi bertanya kerjaan apa yang bisa dibantuin.. dan sangat beruntung sekali gw.. karena dia langsung ngasih draft report buat di-edit, selembar kertas berisi daftar nama orang-orang yang musti gw cari CV nya di semua komputer kantor dan misi untuk menemukan sebuah map berisi ijazah dan CV orang-orang yang ada di daftar tadi..

fyi.. kantor gw tergolong buruk buat urusan pengarsipan.. apalagi setelah sekretaris satu-satunya dikawinin sama salah satu enggineer disini.. dan dipingit dirumahnya biar gak digodain ama orang-orang di kantor (yang emang agak-agak mengerikan kalo jail..)

jadilah hampir seperempat malem gw ngobrak-ngabrik kantor (yang emang udah berantakan) buat nyari map ijazah dengan hasil limit mendekati nol.. seperempat buat meriksain satu-satu semua komputer yang ada di kantor buat nyari file CV orang-orang (karena jaringan lagi bermasalah gw terpaksa mobile dari satu komputer ke komputer lain).. dan setengah malem sisanya buat ngedit tuh draft report..

untungnya si boss cukup baik hati buat ikutan ngerjain reportnya.. dan mengawasi gw dengan seksama karena gw dianggap masih sangat cupu dalam urusan edit-mengedit pake ms word (hoho.. emang.. awak masi cupu kalipun kk.. maklum biasa ngetik pake notepad.. =P)

menjelang subuh akhirnya kelar lah semua kerjaan.. tapiii....

pas mau solat subuh.. tiba-tiba si boss bilang..

"kabar buruk.. kita harus ngerubah report nya.. ada yang salah.. skarang kamu kerjain bab 2,3.. saya sisanya.. ini harus kelar.."

deeeeemmmm... padahal baru aja mau pulang ke kosan.. kembali ke kasur dan selimut hangat gw.. jadi lah gw ampe skarang blm pulang dan masih ngerjain tuh draft.. posting ini pun curi-curi.. mumpung si boss nampaknya lagi ketiduran di mejanya.. wkwkwkwkwk..

ps:
1. kalo mau lembur di kantor.. sangat tidak disarankan untuk melakukannya pada malam minggu.. apa lagi kalo kerja di kantor yang gak kenal hari libur.. macem konsultan geoteknik yang selalu diuber-uber ama deadline... =D
2. moga-moga dengan ini gaji gw dikaji ulang.. hahahahahahahaha... ngarep pisaaaannnn..

5.12.07

menjelang akhir tahun 2007..

sebentar lagi ujian kompre..
sebentar lagi UAS..
sebentar lagi deadline semua kerjaan..
sebentar lagi sidang..
sebentar lagi musti keluar dari kosan..
sebentar lagi????

19.11.07

anda mendapat PERINGATAN KERAS!!!!

hahahaha.. it happens again..

mungkin setelah membaca tulisan ini anda akan berpikir bahwa saya adalah seorang pembuat onar kelas kakap di kampus gajah bantet tercinta ini..

okeh.. let the story begin..

pagi ini gw dipanggil ke fakultas bersama beberapa orang untuk membicarakan masalah kaderisasi himpunan, hoho entah dari mana asal-usulnya bisa-bisanya nama gw juga masuk daftar.. undangannya jam 8.30, tapi gw baru masuk jam 9.00.. yang jelas begitu gw masuk kesana si ibu dekan udah emosi..

berhubung gw gak ngikutin dari awal, gw coba bertanya ama tmn gw apa aja yang udah diobrolin.. "masih berupa nasehat-nasehat aja" kata temen gw.. oke lah, gw ikutin.. si ibu dekan pun melanjutakan pembicaraan tentang visi ideal tentang kegiatan kemahasiswaan (termasuk kaderisasi) menurut fakultas dan program studi, yang katanya sudah disepakati dengan himpunan.. okeh, sampe sini kami masih sepakat..

setelah itu selesai baru mulai bagian serunya..

yang dateng kesana dipanggil karena dianggap memberikan pengaruh buruk buat proses yang udah mereka (prodi, fakultas -red.) bangun..

wew..

dalam hati, "emang gw pernah ngomong apaan??"

rupanya ada laporan yang masuk ke dekan adalah mahasiswa tingkat akhir gak bisa dikendalikan dan cenderung memberikan pengaruh buruk, terutama dalam hal tindak kekerasan di kaderisasi.. sialnya laporan itu ga spesifik, jadi yang dipanggil ke fakultas adalah orang-orang dari angkatan tua yang yang dianggap punya pengaruh besar bagi himpunan..

hoho.. i'm supposed to be flattered.. but...

di ruang rapat ftsl itu akhirnya jadi tempat buat justifikasi buat apa yang mereka anggap sebagai kesalahan kami.. knapa gw bilang sebagai justifikasi? karena pembelaan kami tidak dianggap.. apapun yang kami utarakan selalu dimentahkan.. karena (imho) semua yang ibu dekan bilang adalah persepsi tanpa bukti nyata.. haha.. mampus gw..

dibilangnya angkatan tua memberikan pengaruh buruk buat himpunan..
dibilangnya angkatan tua memicu terjadinya kekerasan..
dibilangnya angkatan tua gak bisa dikendalikan..

what??????

dah gitu.. argumen yang kami ajukan selalu dimentahkan.. entah argumennya salah atau emang ibu dekan udah tutup kuping.. (gw merasa yang kedua sih..) yang jelas gw emosi.. jadi nada bicara gw sempet meninggi pas ngasih argumen.. ini blunder gw.. karena si ibu dekan malah jadi kesel.. akhirnya karena merasa ga guna lagi ada didalam sana.. gw minta izin permisi untuk keluar.. ini lagi kesalahan gw.. karena si ibu malah jadi marah..

jadi lah gw di anggap bengal dan sombong sama si ibu dekan.. (i smell something personal here..) dan karena itu gw dapet sanksi lebih dari pada yang lain.. kalo yang lain dapet surat peringatan.. sementara gw dapet surat peringatan keras..

1 langkah lagi menuju DO atau skorsing.. dan harus buat surat pernyataan tidak akan mempengaruhi panitia dan anak-anak himpunan dalam hal apapun.. (ini konyol banget.. sumpah..) ditandatangani dengan materai.. dan akan dilaporkan pada dosen wali gw.. bagus bukan?? ah sudahlah.. asal jangan di DO aja gw.. hihihi.. tanggung.. tinggal dikit lagi euy...

haha.. SOME people learn by mistakes.. maybe i'm part of that some..

so, moral of this story is..
1. klo berhadapan ama orang keras kepala jangan diadu keras.. apa lagi klo yang satu lebih berkuasa.. haha.. kecuali dah siap nanggung resikonya..
2. everything that doesn't kill you will make you stronger.. (lho?? dimananya?? wkwkwkwk)
3. persepsi itu berbahaya loh.. hahaha.. jd inget entri gw yang dangerous mind..
4. affinty = empathy??

5.11.07

sebuah obrolan pragmatis..

"udah lah.. buruan cepet selesai lo kuliah.. cari kerja, nabung trus nikah.. selesai.."

sederhana sekali...

what do you think 2..

apa pendapat lo tentang busway di jakarta yang makin merajalela???

yang warga jakarta.. monggo di jawab.. yang bukan warga jakarta juga boleh.. hehehe..

3.10.07

kolak itu candu!!!!


tentunya anda-anda semua tau makanan yang namanya kolak kan?
kalau belum tau, biar saya kasih tau.. hehehe..
kolak itu makanan yang biasanya keluar sebagai sajian buka puasa di bulan ramadhan.. makanan yang ini terdiri dari santan, gula merah dan pisang.. atau bisa juga ubi kuning ato nangka.. tergantung selera aja.. cuma lazimnya sih pake pisang ato ubi..

nah selama bulan puasa ini saya kecanduan ama kolak.. sampe saat ini tiada hari tanpa buka puasa pake kolak.. dimanapun.. entah itu dikampus.. dikosan ato di buka puasa bareng.. pasti saya nyari kolak.. ato kalo nggak buka pake kolak malemnya nyari yang jual kolak.. dan harus kolak pisang.. ini kayaknya bawaan dari jaman urdu.. soalnya kalo dirumah sajen buka puasanya pake kolak pisang dingin.. dahsyat lah.. mungkin buat anda-anda yang belom pernah coba, bisa mulai mencobanya.. hehehe..

gambar diambil dari www.pbase.com/archiaston/image/77780683

6.9.07

hola..

lama rupanya gw ga posting disini.. hehehe.. lagi gak dalam mood yang manis buat ngeblog sih.. jd ya sementara ini dibiarkan idle dulu lah blog ini.. nggak lama2 kok.. paling bentar lagi dah balik lagi ko.. sampe TA gw kelar mungkin.. hihihi... (bisa lama itu mah.. =P)

9.8.07

and happy birthday to you too..

buat siapapun yang merasa dirinya dilahirkan di bumi ini pada tanggal 9 agustus.. saya mengucapkan selamat memperingati hari lahir.. hahahaha..

4.8.07

somewhere beyond the sea..

Somewhere beyond the sea
Somewhere waitin' for me
My lover stands on golden sand
And watches the ships that go sailin'

Somewhere beyond the sea
She's there watchin' for me
If I could fly like birds on high
Then straight to her arms I'd go sailin'

It's far beyond the star
It's near beyond the moon
I know beyond a doubt
My heart will lead me there soon

We'll meet beyond the shore
We'll kiss just as before
Happy we'll be, beyond the sea
And never again I'll go sailin'

I know beyond a doubt,
My heart will lead me there soon
We'll meet, I know we'll meet
Beyond the shore
We'll kiss just as before
Happy we'll be, beyond the sea
And never again I'll go sailin'

d*mn.. i love this song..

27.7.07

oh my... this is bad news...

tepatnya kemaren.. gw menerima kabar buruk yang mungkin bakal jadi salah satu kabar terburuk sepanjang sejarah hidup gw.. selain bokap meninggal, tsunami di aceh, temen baek gw di DO dan robbie fowler di jual ke leeds united..

apakah masalahnya??

kemungkinan gw buat diwisuda bulan oktober 2007 nanti menyusut tinggal 20%.. atau mungkin tinggal 10% ya?? entahlah.. gw bingung juga.. yang jelas itu nyaris ngebunuh semangat gw buat ngelanjutin progres TA yang udah lewat 50%..

perkara yang bikin jadi kayak gini sebenernya sederhana.. ada 1 nilai matakuliah tingkat sarjana gw yang nyangkut dengan nilai D.. dan gak bisa berubah pula.. minta ujian last one dah gak dikasih ama ibu kaprodi.. sementara ama dosennya udah lepas tangan.. sebenernya gw emang banyak salah.. soalnya gw emang terlambat ngurus, trus berada dalam posisi yang salah pula.. nggak layak aja buat ngusahain.. tapi gw pengen bisa lulus oktober.. gimana atuh ya??

mari coba berhitung.. kondisi apa yang bakal gw hadapin kalo gw harus diwisuda bulan maret 2008??
negatifnya:
  • gw bakal sidang sendirian, ditinggal partner gw sidang duluan..
  • gw musti bayar spp penuh buat 2 sks.. anj*sss sakit....
  • gw kehilangan kesempatan buat ngelamar ke pertamina.. (kayak bakal diterima aja.. wakakakak)
  • terlambat 1 semester lagi.. mungkin ngerubah rencana masa depan gw lagi..
positifnya:
  • gw punya kesempatan buat memperbaiki nilai-nilai semester ganjil gw yang luar biasa cacat..
  • gw bisa mroyek di rumah c dulu sambil memanfaatkan waktu kuliah yang agak-agak lega..
  • gw masih bisa ngecengin cewe-cewe berondong.. (hohoho.. kali aja ada yang lucu..)
  • mungkin gw bisa nyari kerja sampingan dulu..
  • ada gosip kalau mulai wisuda maret 2008, gelar yang dikasih buat sarjana S1 itb kembali ke Ir.!!!
kalo diliat dari itung-itungan diatas kemungkinan masi cukup imbang.. dari sisi negatifnya yang paling berat adalah ngebayar spp soalnya gw musti nanggung spp gw sendiri.. dari sisi positif yang paling bagusnya adalah kesempatan buat ngebenerin nilai kuliah sarjana yang masih c.. dan yang jelas gelar Ir. (yang masi gosip itu..) lebih keren ketimbang S.T... hahahaha...

ah sutra lah.. jelas gw sedang menghibur diri.. mungkin ini lagi proses nyuci dosa menjelang lulus.. seperti yang gw bilang ke temen-temen gw yang tertimpa masalah menjelang wisuda.. hehehe..

ps : i'm not give up!!!! yet............................................. ='(

24.7.07

mas!! telor tahu kol goreng .. gak pake lama ya!!!


di balubur tuh ada warung makanan favorit gw dan anak-anak hms.. terutama penghuni malam yang biasa nongkrong di himpunan.. namanya warung pecel lele pak imam.. yang lebih akrab disebut warung jawa ama anak-anak himpunan..

secara historis warung ini udah jadi langganan anak-anak hms dari jaman dahulu kala.. entah mulai dari kapan.. yang jelas dari jaman gw masih di OS dulu.. bahkan waktu jaman OS bisa dipastikan kalo lagi kunjungan malem pasti ada bos-bis (panggilan buat senior pas OS) yang nitip dibeliin makanan di warung ini.. bahkan sampe yang jual apal menu pesenan si bos.. begitu ada yang dateng pake name tag ospek.. dia langsung bikinin apa yang dipesen.. dan gak pake lama..

menu favorit gw di warung ini nasi telor tahu.. biasanya minta ditambah kol goreng ama bawang goreng.. harganya cuma 3500.. cocok di saat uang bulanan udah sekarat.. dimana kondisi itu biasanya mulai dari tanggal 17an.. hahaha.. selain nasi telor tahu masi banyak lagi menu lainnya.. ada ayam goreng, lele goreng, soto babat, soto ayam, soto campur, nasi goreng dan sebagainya.. harga menu yang paling mahal juga cuma 6000.. murah meriah pisan lah..

selain warung ini ada 2 lagi warung favorit anak-anak hms.. nasi goreng areng di balubur dan warung dodi di gelap nyawang.. sama kayak warung jawa, nasi goreng areng ama dodi gw kenal dari jaman OS..

ps: nambah dikit.. hehehe.. teu penting..

23.7.07

what a fresh monday..

hari ini gw seminar boy.. cuma 20 menit.. tapi nunggunya 1,5 jam..

hahahahaha...

dapet beberapa masukan dari si bapak dosen pembimbing.. disuruh nambahin daftar pustaka sama ngejelasin metode yang dipake buat analisis kayak p-y curve & tizi..

dapet tambahan dosen pembimbing pula.. jadi punya 2 dosen pembimbing..

oh iya.. si anak kecil potong rambut.. tapi belom liat.. jadi pengen liat deh.. hehehehe...

19.7.07

indonesia gak lolos...

indonesia kalah boy.. sayang sekali.. emang kita masih kalah kelas ama korea.. biarlah jadi pelajaran.. cuma seperti biasa.. orang indonesia jarang belajar dari kesalahan..

16.7.07

six weird things... (diralat atas masukan dari frilo hahaha..)

skali2nya mampir ke blognya si ivan malah dapet pe-er aneh..

ceritanya gw disuruh memaparkan 6 hal yang paling aneh dari diri gw.. udah beberapa kali sih ngeliat ginian.. di blognya rime ama bodhi ada juga pe-er macem gini.. langsung aja lah ya klo gitu..

The rule is:

Each player of this game starts with 6 weird things about themselves. People who get tagged need to write a post of their own 6 weird things as well as state the rule clearly. In the end, you need to choose 6 people to be tagged and list their names. Don’t forget to leave a comment that says you are tagged in their comments and tell them to read your blog.

6 hal aneh tentang gw..

1. gw normal..
iya gw normal.. sumpah gw normal.. dan kata orang-orang yang mengaku normal, cuma orang aneh yang ngaku normal.. hahaha..

2. boleh dibilang gw punya kepribadian ganda..
kalau lo bilang itu ngga aneh, gw gak bisa berkata apa-apa lagi.. gw bisa jadi orang yang beda 180' disaat-saat tertentu.. nggak pernah tau kapan keluarnya dan apa sebabnya..

3. gw sangat menikmati kesendirian..
bukannya gw gak suka punya temen.. tapi gw sering lebih menikmati saat-saat gw sendirian ketimbang pas bareng temen-temen..

4. gw tipe cowo yang gampang deket ama cewe..
kalau melihat tampang gw yang luar biasa pas-pasan dan kelakuan gw yang sangat nggak mutu.. jelas ini aneh.. gw aja bingung kalo ada cewe kece yang bilang gw keren dan deket ama gw.. karena itu jelas gak mungkin.. tapi tetep aja ada cewe yang bilang gitu dengan sepenuh hati.. wakakakakak.. =9

5. gw sering jadi anomali di lingkungan gw..
pas semua orang ngerasa bermasalah, risih atau galau.. gw malah nyantai-nyantai aja.. gak ngerasa ada masalah.. dan sering sebaliknya..

6. gw suka ngeliat cewe-cewe berkacamata..
entah kenapa sepertinya cewe-cewe berkacamata itu lebih menarik dilihat ketimbang yang ngga berkacamata.. hahahaha...

sebenernya banyak lagi hal-hal aneh.. cuma karena yang diminta cuma 6.. ya gw tulis cuma enam.. hehehehe..

selanjutnya gw minta orang-orang berikut ini buat menuliskan hal gak penting ini di blognya..
1. tyara.. (mungkin keanehan kita sama ti.. =P)
2. inuk.. (hahaha.. gw tau lo aneh nuk..)
3. frilo.. (yo ma men..)
4. benx.. (iseng aja.. siapa tau dia belom ngisi..)
5. gitaditya.. (mungkin orang ini lebih banyak keanehannya.. *peace git..*)
6. andiw.. (mampus lu ndi.. wakakaka..)
hahahaha.. enjoy..

ps : postingan aneh.. buat orang-orang aneh.. =P

15.7.07

secangkir kopi moka..

disclaimer :
ini bukan postingan tentang rasanya minum secangkir kopi rasa moka ataupun kelebihan dari macem2 merek kopi moka.. dan seperti biasa postingan gw biasanya jauh antara isi dan judul.. hehehe..


gw kemaren baru nonton (lagi) film naga bonar versi lama. sebenernya biasa aja sih film nya. ga ada yang terlalu menarik. cuma jelas lebih bagus dari pada film indonesia kebanyakan atau sinetron jaman sekarang. hehehe.. subjektif sekali..

poin yang gw suka dari film naga bonar itu adalah betapa dia sangat mencintai emaknya. jenderal yang paling ditakutin di pasukannya tapi amat sangat takut sama emak. bahkan digambarkan dengan sangat konyol (menurut gw..) pas si naga mau berangkat berunding sama belanda. emak dengan seenaknya nitip bawain sirih. hahaha..

poin pentingnya disini adalah nilai hormat (atau takut..) kepada orang tua coba diperlihatkan di film itu. hal-hal yang jarang terlihat di film-film sekarang.

kalau mau dilihat lebih luas lagi, mungkin bisa diartikan berkurangnya nilai-nilai positif yang ditampilkan oleh produk media sekarang ini. sinetron-sinetron menampilkan nilai-nilai populer yang dicerna secara dangkal oleh pemirsanya. sementara film-film bioskop belakangan ini cuma jadi ajang pamer tampang artisnya.

mungkin gw agak-agak berlebihan kalau ngebandingin indurstri hiburan di indonesia sama industri hiburan di luar negeri. gw sendiri bukan orang yang sering nonton film bioskop atau film seri dari luar. jadi bisa dibilang ini pandangan subjektif gw. apa lagi kalau mau ngebandingin film mengejar mas-mas, 3 hari untuk selamanya atau talkshow ala tukul sama film sekelas remember the titans, gloryroads atau talkshownya oprah.

tapi poin pentinganya adalah nilai-nilai yang mau disampaikan dan cara penyampaiannya. amerika memerangi rasialisme lewat film-film tersebut. indonesia? kita butuh segala cara untuk bisa mencerdaskan bangsa ini. industri hiburan bisa jadi salah satu caranya. tapi butuh usaha keras untuk memulainya dan usaha yang lebih keras lagi untuk terus memeliharanya.

13.7.07

template baru... (lagi)

kmaren2 kan gw pernah bilang pengen ngeluarin templet baru.. nah ini dia.. (basi banget yak.. gak penting pula.. hahaha..)

eniwei.. templetnya dirubah soalnya pengen balik ke warna putih lagi.. biar ga susah dibaca.. berhubung yang kemaren rada-rada susah ngebacanya..

16.6.07

anjr*t.. apdetan basi gini..

setelah sekian lama ga posting.. ckckckck... ada beberapa apdetan soal gw, kampus dan sebagainya..

soal gw ga jadi lulus juli..
akhirnya gw ga jadi lulus juli juga.. hehe.. jadinya berusaha ngejar lulus oktober aja.. kenapa? kaga kuat euy kalo musti ngebut seminar sama kompre di minggu2 ujian kmaren.. yah.. kalo mau dibilang lemah.. ya lemah lah awak ini.. cem gini aja tak mampu.. huhuhu.. tapi ga papa lah.. jadi ada kesempatan buat ngebenerin lagi draft yang sementara ini udah nyampe bab 3.. (lebih tepatnya dari dulu udah nyampe bab 3.. cuma ga maju-maju.. wakakaka..)

soal larangan parkir di kampus..
yo'i.. ada aturan baru di kampus.. yaitu pembatasan penggunaan lahan parkir bagi mahasiswa (dan siapapun yang ga punya kartu pegawai ITB).. kalau dulu kendaraan mahasiswa cuma ga boleh masuk kalau siang dan hari kerja aja. sekarang gak boleh masuk sama sekali walaupun hari sabtu dan minggu. efeknya jelas.. kampus jadi lebih sepi.. (walopun di himpunan gw mah sama-sama aja..)

soal kasus akademik di ITB..
taun ini.. lagi-lagi gw mengalamin kondisi dimana beberapa orang temen gw berkasus secara akademik.. dengan ancaman di DO.. dilematis.. pengen ngebantuin.. tapi entah kenapa ga ngeliat niat dari temen yang pengen dibantuin.. mau dilepas ga tega.. mau ditolong kok berasa agak-agak nyusahin.. ah sutra lah..

soal 4 tahun HMS 2002..
ini sebenernya gak terlalu penting.. tapi lucu aja.. sore hari tanggal 1 juni kemaren tiba-tiba sekre HMS rame mendadak.. temen-temen seangkatan gw pada ngumpul.. bawa kue.. trus ada acara tiup lilin.. 1'st cake.. nyanyi-nyanyi.. yah gitu lah.. kayak ngerayain ulang taunnya anak balita.. hohoho.. cuma emang gak berasa sih.. tau-tau dah 4 taun aja.. udah banyak yang mulai mapan.. awak masi gini-gini aja.. ckckckck..

soal template baru..
masih dalam progress.. hehehehe..

soal yang lain??
komputer gw di kosan tewas.. dengan penyebab utama VGA card nya kebakar.. hahahahaha... mampus lah.. nampak bakal menguras kantong lagi.. padahal cekak.. huhuhu...

29.5.07

latest news..

halo... pa kabar???
lama ga ngeblog.. lagi sibuk euy..
  • sibuk ujian.. wakakaka.. (uas terakhir di itb nih..)
  • sibuk bantuin kabinet.. (thanx buat nita yang tega ngerjain gw.. sial..)
  • sibuk ngerjain tugas.. (yang bukan tugas akhir..)
hehehe.. gak penting banget yak?? ckckckck...

15.5.07

heuheuheu..

you can always have my shoulder to cry on when you sad..
you can always have my ears to hear your grudge..
you can always have my back to carry you when you feel to tired..
you can always have my hand to help you when you need..
because that way i can tell that you need me..
and that's the only thing i need from you..

12.5.07

and the stories unfold..

For once in my life I’ve got someone who needs me
Someone I’ve needed so long
For once unafraid I can go where life leads me
And somehow I know I’ll be strong

For once I can touch what my heart used to dream of
Long before I knew
Someone warm like you
Could make my dreams come true

For once in my life I won’t let sorrow hurt me
Not like it’s hurt me before
For once I’ve got someone I know won’t desert me
And I’m not alone anymore

For once I can say: "this is mine you can’t take it"
As long as I’ve got love I know I can make it
For once in my life I’ve got someone who needs me

frank sinatra - for once in my life

udah lebih dari setahun semenjak gw dikenalin ke dia oleh sahabat gw di tangga sunken court di suatu sore. nggak terlalu berkesan, satu-satunya kesan yang gw tangkep adalah "anak kecil nyasar di kampus". karena memang terkesan seperti itu. dengan suara aneh dan tingkah laku pecicilan jelas semua orang akan berpikir kalau dia seperti anak smp yang baru lulus. ga banyak yang gw obrolin waktu itu. cuma bertanya nama, dan jurusannya saja, karena ada topik obrolan lain yang lebih penting untuk dibicarakan dengan teman gw yang lain. tentang pemilihan presiden keluarga mahasiswa dan tentu saja masalah hubungan gw sama mantan waktu itu. walopun sempet kesebut kata-kata "lucu juga", tapi saat itu tidak berlanjut.

lama setelah waktu perkenalan itu gw baru sempet ngobrol lagi sama dia. topik yang di bicarakan adalah foto angkatan sipil 2002. sepertinya dia sedang mencari seseorang. dan karena hal itu lah gw bisa dapet nomor hp nya dia. masih biasa saja. tapi memang dia termasuk kategori lucu buat gw. oke lah buat nambah temen ngobrol dan smsan gak penting.

dan cerita berlanjut dengan banyak hal yang gw lupa detailnya gimana. yang jelas dia jadi salah seorang temen ngobrol yang sangat menyenangkan. mulai dari obrolan masalah kecengan gw, cowo yang ngedeketin dia, kuliah, himpunan, unit, musik dan sebagainya. entah direncanakan atau tidak gw jadi sering nemenin makan dan nganterin dia pulang ke kosannya kalo malem, terutama sejak mulai pertengahan semester 9 (gw). waktu itu hubungan antara gw dan dia nggak lebih dari sekedar temen. walopun mulai ada yang bertanya-tanya dan membahas tentang hal itu. termasuk sahabatnya dia yang juga temen gw. waktu itu gw cuma bisa bilang "saat ini gw ga ada apa-apa ama dia, tapi dia punya banyak hal menarik yang bisa ngebuat gw suka sama dia". statement yang aneh, tapi memang begitulah gw. aneh.

beberapa kali gw dan dia sempet membahas hal-hal yang agak-agak menyerempet kayak "gimana kalo orang yang lo sayang jadian ama orang lain?" atau "tipe cowo yang lo pengenin buat jadi pacar?". dan suatu saat pas lagi smsan dia nanya ke gw "dim, lo lagi sayang ama seseorang ya?" entah apa alasannya dia nanya kayak gitu ke gw. sempet diem sejenak sebelom gw bales. dan akhirnya gw telpon "iya, gw lagi sayang sama elu". dan sejak saat itu gw memutuskan pilihan gw. berusaha untuk nggak sekedar jadi "lagi", tapi untuk jadi "selalu".

ps: buat sawung dan gita.. klo baca ga usah komen.. wakakaka..

4.5.07

040520070020..

finally.. it's no longer complicated..
still single.. but already choose..
hehehehe...


ps: thx, for the late nite talk..

29.4.07

what do you think??...1

apa yang pengen lo liat dari indonesia 10 tahun dari skarang??

di jawab ya... hehehehehe...

27.4.07

enam huruf dua titik

ya.. enam huruf dua titik..
sebuah ungkapan yang akan kehilangan maknanya ketika terlalu sering dikatakan..
tapi entah mengapa tak bisa habis dirasakan..

23.4.07

the devil in the wishing well..

I met Jane at the center of the earth
It was dark there was dirt all around
But I gather you can figure that

Jane says I'm your body in the night
And I'll lead you where you might find yourself
Better if you follow me

So go right you'll be left at a big hotel
You'll meet the devil at the bottom of a wishing well
You know you better give him something
Give him something good
Like everybody else he's misunderstood

Jane says it's a long way out...
I'm gonna make it out
Cause I'm about her

Jane says, you're as Holy as a ghost,
But who loves you the most, if you offer
I might let you carry me

Jane there's nobody here but yourself
In the end it's the wealth of your spirit
Now hurry up get on with it

I went left I got right at some big hotel
There was a devil at the bottom of the wishing well
He said you better give me something
Give me something good
Like everybody else I'm misunderstood

Jane says it's a long way out
I'm gonna make it out
Cause I'm about
Jane says it's a long way out
I'm gonna make it out

I took a guess and cut a portion out of my heart
He said that's nowhere close enough but it's a damn good start
I wrote the secret that I buried on the wishing well wall
He said I've seen one... it follows that I've seen them all
We spoke of human destination in a perfect world
Derived the nature of the universe (found it unfulfilled)
As I took him in my arms he screamed I'm not insane
I'm just looking for someone to understand my pain...

It's a long way out...
I'm gonna make it out

20.4.07

templet baruuu....

dengan mengusung tema sedikit gloomy dicampur ama warna ijo ceria yang gak jelas..
gw merilis templet baru buat blog gw.. hehehe..
dikasih nama dimzblog v3.0.. gak kreatip amat yak ngasih namanya.. hihihi..
masih banyak cacatnya euy.. ntar dibenerin lagi lah.. yang penting keliatan dulu..

15.4.07

ibbc 2007..

semalem abis nonton itb big band concert 2007 di aula barat itb. acara yang diadain ama marching band waditra ganesha ini menampilkan beberapa big band yang keren-keren. macem 426 dari uph yang pernah nampil di java jazz 2006 dan zefa and uncle big band yang di motorin sama seorang pianis muda belia bernama zefa yang juga pernah main di java jazz 2005.

walopun udah 3 kali diadain sejak taun 2005, baru skarang gw bisa nonton. berkat si neng tyara yang rela ngasih gw tiket gratis sebagai traktirannya dia. hehehe.

ibbc tahun ini ngebawa tema basie night. sebagai tribute buat william "count" basie, seorang musisi jazz dan pemimpin big band legendaris yang diakuin sebagai pelopor genre big band di dunia musik. jujur, gw sih kaga kenal ama si count. denger namanya juga baru kmaren. hehehe..

acara nya di buka dengan penampilan dari big band waditra ganesha. big band tuan rumah yang kebanyakan berisi anggota dan alumni dari unit kegiatan mahasiswa marching band waditra ganesha. yang ngebawain tiga lagu dari count basie yang gw kaga tau judulnya. yang jelas performance nya lumayan lah sebagai pembuka.

penampilan selanjutnya dari matius bina bakti big band. berisi anak-anak sekolahan dari tingkat sd sampe sma dengan skill musik yang menakjubkan buat gw. selain ngebawain lagu-lagunya count basie mereka juga ngebawain lagu lokal berjudul pacuan kuda yang di aransemen jadi keren.

abis itu giliran elbe jazz big band yang menghibur penonton. big band asal jurusan seni musik upi ini mainnya rapih banget. ditambah skill individu yang diatas rata-rata ngebuat mereka keren banget semalem.

sebelom break giliran 426 dari uph yang tampil gila-gilaan. mereka ngebawain lagu-lagu count basie ditambah i'm gonna find another you nya john mayer dan twentisomething nya jammie cullum. gilanya lagi, lagu-lagu yang mereka bawain semuanya diaransemen sama mereka sendiri. top abis lah. gak heran kalo mereka termasuk favorit penonton malem kmaren.

setelah break penonton langsung dihajar sama salamander big band yang sempet jadi band pembukanya juggenjazz di aula barat minggu sebelomnya. big band ini berasal dari komunitas pecinta jazz di bandung. mainnya rapih banget. paling rapih kalo dibanding yang lain. cuma repetoir lagunya gak beda jauh sama pas mereka main jadi openingnya juggenjazz.

dan sebagai penutup dari ibbc 2007 big band yang tampil adalah zefa and uncle big band. big band yang dimotorin sama seorang pianis cilik bernama zefanya hartani putra yang baru berumur 13 tahun (wew..) nah kalo boleh gw bilang, diantara semua yang tampil di ibbc 2007 ini zefa and uncle big band adalah yang paling keren. mainnya rapih, skill individunya paling mantep dan repetoir lagunya edan-edanan. padahal katanya baru kebentuk skitar 6 bulanan.

overall acara ibbc kmaren malem top banget lah. sangat memuaskan dahaga gw dari hiburan live music murah dan berkualitas. apalagi semalem tiketnya gratis. makin keren lah buat gw.

sayangnya gara-gara nonton ibbc, gw gak nonton acara ganesha music eventnya apres yang diadain berbarengan di dago tea house. tapi gak papa lah. gw dapet live reportnya gme aja dah cukup kok. hehehe..

well, see ya in the next ibbc repport.. gw bakal meluangkan waktu buat nonton acara ini selama gw masih di bandung.

1.4.07

02.03-02.44

In my arms
Through the long cold night
Sleep tight
You’ll be safe here

rivermaya - you'll be safe here

to be with you..
is the most precious moments for the day..
thank you for that..

29.3.07

sisi sunyi nusantara..

ini judul lagu the panas dalam saat gw menulis blog ini..

indonesia tumpah darahku..
kekayaan mu milik negara..
disanalah aku berdiri..
tanpa sandang pangan dan papan..

indonesia tanah air ku..
tanah sawah ku di gusur orang..
kepada mu harus berbakti..
maaf sibuk harus cari nasi..

tetapi sunyi itu api..
yang menyala dan membakar bumi..
tetapi engkau lah hujan..
yang menyirami api..


itulah indonesia sekarang ini.. siapa yang tau kapan api itu akan terbakar?

ps.. izul menang.. puas? nggak.. kerjaan blm selesai..

27.3.07

gak ada maksud..

sebenernya lagi kesel.. jadi bingung mau nulis apaan.. tapi biarlah.. dipaksain nulis.. toh disini bukan tempat buat serius-seriusan kok..

okeh.. ada beberapa hal..
yang pertama.. dosen pembimbing saya pergi ke cina.. lalu katanya dia mau umroh 3 minggu.. bagus bukan?? artinya saya gak bisa seminar bulan april.. artinya gak bisa ikutan ujian kompre periode satu.. lalu? ah sudah lah..

yang kedua.. hari ini.. nanti jam 4 sore bakal dimulai penghitungan suara pemilu presiden keluarga mahasiswa ITB.. cih.. pokoknya cuma ada kata menang buat izul.. atau mari kita lakukan sesuatu yang berbau anarkis.. gw muak ama mereka!!!!

yang ketiga.. abis ke wc IF.. dan menemukan sekre panpel terbuka lebar dan tak ada yang menjaga.. jadi pengen gw bakar kotak suaranya.. tak serius kali panpelnya..

yang keempat.. besok ujian ponjut.. bingung mau blajar dari mana.. bahannya sama kayak rekpon plus mektan.. yah diulang-ulang aja lagi..

yang kelima.. hmmmm.. gw mengharapkan seseorang pulang dari tempat temennya abis belajar dalam keadaan baik-baik saja.. tolong kabarin ya kalo dah nyampe..

yang keenam.. ah.. udah ah..

22.3.07

i'll always be right there..

I swear to you - I will always be there for you -
there's nothin' I won't do
I promise you - all my life I will live for you - we
will make it through
Forever - we will be
Together - you and me
Oh n' when I hold ya - nothin' can compare
With all of my heart - ya know I'll always be - right
there
I believe in us - nothin' else could ever mean so much
You're the one I trust our time has come - we're not two
people
Now - we are one - ya you're second to none
Forever - we will be
Together - a family
The more I get to know ya - nothin' can compare
With all of my heart - ya know I'll always be - right
there

Forever - we will be
Together - just you and me
The more I get to know ya - the more I really care
With all of my heart - ya know I'll always be...
Ya know I really love ya - ya nothin' can compare
For all of my life - ya know I'll always be - right
there

20.3.07

again and again..

salahkah kalo gw terlalu baik?
salahkah kalo gw ngebuat orang nyaman sama gw?
salahkah kalo gw ternyata terlalu jujur?
salahkah kalo gw berbicara dengan lugas?

nggak, kalo gw emang gak ada niatan apa-apa..
nggak, kalo gw membatasi kenyamanan yang gw kasih..
nggak, kalo gw bisa menyampaikan di saat yang tepat..
nggak, kalo gw ngerti gimana perasaan orang..

tapi apa?
ternyata gw belom bisa..
ternyata itu cuma usaha pelarian dari perasaan bersalah gw..
ternyata ada perasaan orang yang terluka gara-gara gw..

maaf..
ini akan jadi pelajaran yang berharga..

trust..

sebenernya apa sih yang bisa bikin kita mempercayai orang lain?

berdasarkan track record? itu sih yang paling gampang.. tapi kalau baru pertama kali ketemu? gimana cara menilai orang itu? kalo gw biasanya ngeliat orang-orang yang biasa berada di sekeliling dia dulu.. dari situ gw bisa menilai orang nya kayak gimana.. tapi ada satu hal.. gw sangat mempercayai insting gw.. istilahnya mah.. gw nyium "bau"nya dulu.. kalo gw gak suka ama "bau"nya.. biasanya bakal terbukti dibelakangan hari sesuatu yang bikin gw kaga suka..

kalo kalian gimana?

*masih masuk seri pertanyaan nih.. nampaknya musti gw bikinin label sendiri deh..*

14.3.07

shoutbox gw raib..

entah karena adminnya males atau karena apa.. yang jelas shoutbox gw ilang.. pas gw surf ke situsnya.. ternyata masa berlaku domainnya abis.. tahpapa..

7.3.07

what if..

semalem ada pertanyaan yang lumayan nampol. nyasar lewat sms ke hape gw jam 1 pagi.
isinya gini..

"kalo lo sayang ama 1 orang cewe dan lo emang ngincer cewe itu.. dan tuh cewe juga ngerasa nyaman sama lo.. trus tiba-tiba cewe itu bilang ke elo kalo dia jadian ama orang lain.. reaksi lo gimana?"

jawaban gw sih.. kecewa mungkin.. tapi buat gw gak masalah.. selama cewe itu ngedapetin apa yang dia rasa terbaik buat dia.. those thing happen just too often for me.. hihihihihi..

kalo kalian??

4.3.07

gerhana bulan jam 3 pagi..

dah beberapa malem ini gw sangat menikmati pemandangan langit.. terutama diatas jam 2 pagi.. langitnya keren cuy.. penuh bintang.. keren lah.. buat ngayal-ngayal sesuatu pas banget tuh.. sambil tidur-tiduran ngeliat langit.. hihihihi.. ya, dan lalu masuk angin karena di bandung lagi dingin-dinginnya.. ampe 18' celcius gituh klo gak salah.. mana anginnya kenceng banget lagi..

eniwei.. pemandangan 2 malem terakhir tuh keren banget.. bulan purnama plus bintang-bintang.. ditambah 22' halo nya.. dan ternyata kemaren malem itu pas gerhana bulan total.. gw bela-belain begadang buat ngeliat.. cuma sayangnya pas mau gerhana langitnya malah mendung banget.. jadi gak keliatan aja gerhananya..

sedikit penasaran sama yang namanya halo.. seinget gw halo itu game first person shoter yang keren banget keluaran bungee skitar taun 2002 klo gak salah.. game ini dikenal sebagai salah satu game yang paling sering dipake buat turnamen game.. loh.. bukan halo yang ini yang mau dibahas.. ckckckck.. gak fokus.. halo itu fenomena optis yang terjadi gara-gara ada cahaya yang terdefraksi oleh kristal-kristal air di udara.. mirip-mirip ama pelangi lah.. setidaknya itu sih yang gw tangkep dari artikel di wikipedia.. hehehe.. gak penting.. males ah ceritain disini lengkap-lengkap.. cari aja di google..

kemaren malem gw gak menikmati langit sendirian.. disengajakan bareng sama seorang temen.. yang sepertinya sedang tidak ingin tidur dan butuh temen buat nungguin gerhana bulan.. hihihi.. ah sutra lah.. mungkin lain kali dia mau nemenin lagi..

28.2.07

stuck..

Through the fire
To the limit, to the wall
For a chance to be with you
I'd gladly risk it all
Through the fire
Through whatever, come what may
For a chance at loving you
Id take it all the way
Right down to the wire
Even through the fire

chaka khan - through the fire

22.2.07

losing something..

barusan ngecek FS, eh ada testimonial dari temen deket gw. salah satu bagian isinya gini..

"It's more fun when you're just friends. The more you love something with all your heart, the harder and more painful things get. But people still fall in love." haruka-chan

iya kah?

gw tetep berpikir pada realitas bahwa apapun yang kita miliki sekarang suatu saat nanti pasti akan pergi meninggalkan kita. lantas apakah karena begitu kita bisa membiarkan saja apa yang kita miliki tanpa menjaganya? nggak kan? ketika memiliki sesuatu, jagalah bagaikan itu milikmu selamanya. namun ketika kehilangannya lepas lah sebagaimana itu milik yang maha kuasa.

hari ini, ayah salah seorang temen deket gw meninggal dunia. penyebabnya karena sakit yang udah lama diderita, liver dan ginjal. pas tadi ngelayat ke rumahnya, dia terlihat sebagai sosok wanita yang tegar dan tetap berusaha tersenyum, walaupun kesedihan jelas terlihat di raut wajahnya. sedikit mengingatkan gw waktu bokap gw meninggal. gak terasa udah 2 tahun lewat.

hmmmmm.........

lupa.. baru aja tau kalo pak sobron aidit, adik dari pak d.n. aidit, meninggal dunia tanggal 10 februari kmaren di prancis.. kalo gak salah tyara punya cerita khusus tentang si bapak ini..

19.2.07

TA euy..

barusan ngulik bahan TA di perpus. dengan sedikit modal clue dari dosen pembimbing yang udah jadi mahadewa di bidang gempa dan pondasi jadilah gw nyari kira-kira gimana ngebahasain tuh clue jadi laporan.

dapet beberapa poin penting terkait sama kasus jembatan sukarno yang jadi topik gw:
  1. pondasi yang digunakan adalah pondasi dalam dengan tiang bor. jadi butuh teori dasar tentang perencanaan pondasi dalam.
  2. desain awal udah ada. yang musti gw kerjain adalah perkuatannya. jadi butuh data tanah dan desain eksisting.
  3. pengerjaan analisisnya make software group dan plaxis 3D. jadi gw butuh manual dan ngertiin konsep yang dipake sama softwarenya.
  4. kemungkinan gw musti nyiapin beberapa alternatif desain buat perkuatan. yang ini musti meres otak ampe kering.
selain poin-poin diatas, mungkin ada lagi tambahan dari sang dosen. semoga gak banyak-banyak. mengingat waktu yang gw punya buat ngerjain cuma 4 bulan.

dari beberapa orang yang gw tanyain tentang topik ini semuanya menjanjikan prospek cerah buat karir gw. pertama, katanya gak banyak yang menguasain software yang musti gw pake, jadi kalo gw bisa makenya pasti bakal banyak dicari. kedua, dosen pembimbing gw dikenal sebagai orang yang murah hati dalam urusan ngasih rekomendasi. once i gain his trust, jalan kemana-mana terbuka lebar buat gw. dan yang ketiga *ini harapan gw* dia punya kerjaan buat gw. hehehe...

arghh.. butuh semangat ekstra nih!!!

18.2.07

phil collins dan panas dalam?

Well I dont wanna think about what weve said
And I dont wanna know why we hurt ourselves
cos I just wanna hold you so close to me
It'll take care of itself and I wanna sleep

phil collins & fourplay - why can't it wait till morning?

sepenggal lagu yang lagi bolak-balik diputer di winamp. gak makna sih sebenernya. cuma suka aja dengernya. kepikiran sedikit sih..

kadang kalo ngadapi sebuah persoalan sering kebawa-bawa dimanapun. walopun pikiran lagi kalut, hati penuh emosi dan badan lagi cape. kenapa nggak cari waktu yang tepat buat ngebicarainnya? emang kalo yang namanya masalah itu baikny diselesaikan secepatnya. tapi kalo dipaksa buat diselesaikan pada waktu yang gak tepat yang ada malah nambah masalah.

sabtu minggu kmaren nonton the panas dalam di closing nya olimpiade. thanx to sang kordinator opclos yang sudah berbaikhati buat ngabarin dari jauh-jauh hari. jadi gw bersenang hati buat ngosongin waktu untuk nonton. lirik lagu yang dimainin pun cukup menyenangkan. koboy kampus, tong gandeng, lagu timur, kopral jono bencong, rintihan kuntilanak dan yang paling gw suka, jatinangor, seru lah.

walopun banyak orang yang gak terlalu suka sama mereka karena lirik-lirik lagunya banyak yang gak makna. tapi buat gw band ini paling pas kalo manggung di itb. banyak sejarahnya soalnya. dan nuansa main mereka kampus ini banget lah. berlebihan? mungkin. soalnya kalo anak jaman sekarang mungkin kurang kenal sama mereka. tapi buat gw dan temen-temen seangkatan gw yang lain. lagu-lagu mereka jadi legenda yang sering dinyaniin dan diiringi ama cerita-cerita yang udah kayak folklore di kampus.

lagu jatinangor misalnya nyeritain seorang mahasiswa itb yang ngejar cewe unpad, bela-belain ke jatinangor, beli buku-buku dan akhirnya patah hati. lagu koboy kampus yang nyeritain mahasiswa yang kelewat kapangan di kampus ditinggal temen-temen seangkatan dan mulai dilewatin ama ade kelas. lagu kuntilanak yang nyeritain mitos kuntilanak di segitiga deket gedung FSRD. dan banyak lagu lain yang bernuansa kampus banget. enak buat bernostalgia tentang kampus jaman dulu.

terlepas dari penampilan dan lirik-lirik mereka yang kacrut itu. personel-personel mereka adalah orang-orang yang enak diajak diskusi, cerdas dan punya nilai ideal yang mereka jaga. okelah, mungkin yang gw tau cuma alga indria vokalis yang juga mantan presiden keluarga mahasiswa itb. tapi gw cukup yakin kalau yang lain juga setipe sama alga.

oh iya, sebenernya ada foto-fotonya. cuma sayangnya temen gw belom ngaplot. jadi nampaknya bakal menyusul saja.

15.2.07

sedih....

sendal jepit gw ilaaaangg!!!!!!! tidaaaaaakkkkkk!!!!!

7.2.07

antara resepsi, mahasiwa & pns..

hari ini seorang temen seangkatan saya melangkah menuju sebuah era baru dalam hidupnya, nikah. mungkin ini udah jadi hal yang lazim, jaman masih kuliah gini dah nikah. yah, selamat menempuh hidup baru lah ya buat pasangan dre dan syifa. semoga berhasil membangun keluarga yang bahagia. tadi siang resepsi pernikahan yang dilangsungkan di ruang serba guna pusdai ini dihadiri oleh sekian banyak orang. tapi yang menarik, ada banyak orang berseragam PNS yang hadir. usut punya usut, ternyata bokapnya temen saya ini seorang pejabat di salah satu instansi negara di bandung. jadi bawahan-bawahannya diundang. tapi, entah kenapa saya kesel banget ngeliat kelakuan mereka yang kelewat kampungan.

oke lah, mahasiswa emang jarang dapet undangan resepsi pernikahan yang banyak makanan enaknya, jadinya agak-agak kampungan kalo ngeliat makanan yang jarang-jarang ditemuin. tapi setidaknya para PNS itu jauh lebih kampungan lagi. bayangin aja, saya baru dateng, lagi ngantri mau salaman ama penganten, lagi ditengah antrian, tau-tau dateng segerombolan ibu-ibu berseragam PNS yang langsung nyelak antrian di depan saya. dem.. kalo aja itu bukan di resepsi nikahan temen saya, tapi di antrian tiket atau KSM. saya jamin, bakal saya tendang tuh ibu-ibu. gak peduli ama umurnya yang udah setara ama ibu saya. trus, pas saya lagi ngantri makanan di gubuk bistik lidah kejadian serupa juga terjadi. cuma kali ini seorang bapak berseragam PNS dan istrinya. tanpa permisi, langsung aja motong didepan saya lagi. bangsat!!! *dalam hati* langsung naik emosi saya. kali ini saya negor tuh bapak, kalo antrian nya masih panjang. tapi tuh orang cuek aja, malah dia narik istrinya masuk ke barisan antrian. anjis!!! *masih dalam hati* abis itu saya langsung cabut pindah antrian ke gubuk yang lain daripada emosi ngeliat tuh bapak-bapak dan mulai melakukan tindakan-tindakan yang menjurus ke tindak pidana seperti ngambil garpu tumpul dan menusuk mata tuh bapak-bapak kemudian mencongkel dan mengunyahnya seperti layaknya seorang kanibal yang kelaperan. *okeh.. waktu itu gw emang kelaperan, cuma kayaknya kaga segitunya deh..*

dari situ saya jadi mikir, kampring banget sih! emang kek gini kah kelakuan seorang pegawai negeri sipil di negeri ini. seseorang yang harusnya mengutamakan pelayanan pada masyarakat. tapi ternyata di hal yang sepele semacem antrian makanan aja masih nyelak-nyelak. gimana kalo urusan yang lain? bisa lebih parah lagi mungkin. wajar kalo ternyata sarang korupsi di indonesia malah ada di instansi negara. kesel saya..

oke lah.. mungkin ini nggak berlaku buat semua orang yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil cuma buat yang saya liat tadi siang aja. buat yang merasa tersinggung, sori-sori aja lah ya. gak maksud awak..

oh iya.. HMS kalah sama HME di final voli putra.. dasar nasib.. dari dulu cuma bisa jadi runner -up.. tah papa.. kecewa awak.. lengkap lah hal-hal yang membuat mood saya buruk hari ini..

3.2.07

jakarta banjir euy..

3 hari ini jakarta ibu kota yang nista digempur sama air. dimana-mana banjir. termasuk di rumah gw, yang notabene sangat jarang kebanjiran dan emang bukan di jakarta. sampe-sampe nyokap gw nelpon buat nanyain di kosan gw banjir apa kaga. hihihi..

apakah banjir ini bagian dari siklus 5 tahunan yang digembar-gemborkan itu? kurang percaya juga gw. walopun tepat 5 tahun yang lalu emang kejadian juga banjir yang ampir sama kayak sekarang. tapi buat gw itu bukan bukti yang empiris buat menyimpulkan kalo emang siklus banjirnya 5 tahunan. *hihihihi.. gaya lu dim..* soalnya setau gw, banjir dan ujan tuh kaga pake siklus. yang gw kenal cuma istilah siklus hidrologi, dan itu beda banget ama istilah siklus hujan atau siklus banjir. tapi buat perencanaan saluran emang ada istilah sejenis yang disebut periode ulang.

banjir yang terjadi di jakarta skarang katanya lebih besar dari yang terjadi 5 tahun yang lalu. hmm.. kalo ngeliat berita di tipi sih, kayaknya emang gitu. setidaknya di rumah gw, banjir yang skarang lebih tinggi soalnya dah masuk ke garasi dan sampe ke anak tangga nomor 2 di teras. sementara dulu cuma sampe jalan aja dan gak sampe 2 hari banjirnya dah reda.

kepikiran gak sih kok jakarta bisa banjir kayak gitu?
gw mengasumsikan beberapa teori yang udah lazim disebut jadi penyebab banjirnya jakarta.

1. berkurangnya lahan hijau sebagai daerah resapan air.
berhubung daerah puncak dah banyak dijadiin pemukiman. jadinya gini deh. ujan yang diterima di daerah tangkapan hujannya sedikit yang di resap ke tanah. banyakan yang dialirin ke sungai. jadinya debit sungai ciliwung pun menggila begitu sampe jakarta.
2. penurunan muka tanah jakarta.
penggunaan air tanah di jakarta udah sangat mencemaskan. sampe-sampe muka air tanah di jakarta terus menurun. dan pada akhirnya terjadi settlement (ini istilah geoteknik). jadinya banjir selalu terasa makin tinggi.
3. perencanaan kota yang acakadul.
kurangnya lahan hijau untuk resapan hujan dan kapasitas saluran yang kelewat basi jadi masalah utama.
4. mengecilnya kapasitas saluran drainase oleh limbah.
bukan cuma limbah, tapi juga sama pemukiman-pemukiman liar yang ada di pinggiran kali.

ada yang mau nambahin lagi? kayaknya masih banyak sih. sekarang gimana caranya nanggulangin nya ya? setiap mikirin satu masalah pasti mentok di masalah yang lain. jadi kayak lingkaran setan. kecuali mau motong satu jalur lingkaran itu. trus selesain dari sana. kalo gw mah mikirnya gampang aja. pindahin semua orang dari jakarta. trus ancurin tuh kota. bikin lagi dari awal. >:)

eniwei.. saya jadi keingetan 5 tahun yang lalu. waktu itu saya pulang sekolah nebeng sama temen saya naik mobilnya dia. kejebak macet, nyari jalan pintas muter-muter jakarta timur, kejebak banjir di cipinang, ngangkat mobil yang nyemplung ke got dan ngabisin hampir 8 jam di jalan. dari skolah jam stengah 5 sore sampe rumah jam stengah 1 malem. masih belom separah temen saya yang rumahnya di bintaro sih. 9 jam di jalan, ampe sempet nginep di mobil.


*jadi kasihan ama temen-temen saya yang di jakarta.. pada ngungsi gak ya?? kasi kabar oi!!*

31.1.07

KSM..

akhirnya selesai juga ngurus-ngurus daftar ulang buat semester ini. dan akhirnya resmi punya KSM terakhir di ITB.. hehehe.. (semoga)

di review deh.. semester ini ngambil apa aja..

1. Ekonomi Rekayasa
2. Rekayasa Pondasi Lanjut
3. Manajemen Inovasi
4. Kewirausahaan
5. Jurnalisme Sains dan Teknologi
6. Tugas Akhir

khusus buat poin terakhir, udah dapet tema dari dosen pembimbingnya. tentang jembatan soekarno di menado. disuruh ngerjain re-design pondasi jembatannya. katanya sih kerjaannya susah. tapi biar lah, biar berasa dikit TA nya.

trus buat poin 4 sama 5, sebenernya bukan matakuliah yang perlu diambil sih. cuma menuh-menuhin sks doang. toh ntar di transkrip nilainya juga gak akan bisa dimasukin. soalnya di jurusan gw ada aturan yang ngga ngebolehin ngambil matakuliah pilihan dari luar lebih dari satu mata kuliah. tapi yah sebodo amat lah. ambil aja. nekat...

26.1.07

argh, sepi sekali disini..

oiii!!!! dimana klean???

21.1.07

dangerous mind..

punya prasangka terhadap seseorang itu bisa berbahaya. sepakat? apalagi kalo kita gak pernah tau yang sebenernya.

kenapa bisa muncul prasangka? emang apa sih prasangka itu? berdasarkan kamus.. *cuihh.. sok pake kamus lo dim... ngasal doang juga..* prasangka adalah kata sangka yang artinya kurang lebih adalah menduga dan imbuhan pra- yang digunakan untuk menjelaskan kondisi di awal atau sebelum. jadi kurang lebih arti prasangka adalah dugaan awal. tapi kesan yang ditimbulkan dari penggunaan kata ini identik dengan hal negatif. mungkin itu yang membedakan kata prasangka dengan kata praduga. *mungkin loh ya.. CMIIW..*

okeh lanjut..

prasangka biasanya muncul dari kesan awal yang ditimbulkan ketika berinteraksi dengan seseorang. atau ketika setelah sekian lama berinteraksi dengan seseorang tersebut, lalu kita merasakan ada yang berubah, entah sikap atau penampilan. sampe titik ini gw belom membedakan antara prasangka dengan presepsi.. *hayahh.. kata apapula tu dim.. cemacem aja kaw.. hihihi..*

misalnya gini.. gw ketemu ama orang batak dan bertampang serem. yang pertama kali gw pikirin adalah "ni orang pasti kriminil.." *okeh.. buat orang batak jangan tersinggung yak..no offence yo.. frilo.. in case you read this.. i don't mean it.. kay.. hehehe* itu yang namanya prasangka. asli nya? belom tentu gitu kan? okeh.. kecuali kalo keadaannya lo ketemu ama orang bertampang serem dan nodongin piso.. jelas itu kriminil.. ato mungkin juga orang jualan piso.. hihihi.. sebenernya prasangka ini bikin kita lebih hati-hati dalam menghadapi orang. cuma sering kali jadi kekhawatiran yang berlebih. malah bikin parno. padahal belom tentu begitu.

kalo lo termasuk orang yang sering berprasangka buruk terhadap orang lain. ada baiknya kalo lo mulai berubah. soalnya itu bakal ngeganggu kehidupan lo. lo bakal paranoid sama hal-hal yang sebenernya ga perlu lo takutin. caranya? coba lebih positif thinking. jangan melulu berkesan negatif sama orang lain. don't judge books by it's cover kalo kata pepatah. coba untuk mengenal dulu sebelom menilai. jangan ngeliat doang.. hehehe.. intinya informasi.. cari sebanyak-banyaknya biar nanti gak salah menilai..

nah balik sedikit ke atas.. tadi gw nyebut presepsi kan? secara umum prasangka sama presepsi adalah kata yang sepadan. cuma masalah rasa aja sih bedanya. kalo kata prasangka rasa-rasanya lebih negatif. sementara presepsi lebih positif.. *gw bingung ngejelasinnya sih.. hihihi..* yah kurang lebih gitu lah.. maklum.. lagi rada ngaco otak gw.. jadi aja posting gak jelas kayak gini..

curhat dikit ah.. makin hari makin berat euy.. heuheu..

16.1.07

is this love??

pernah dengerin lagunya bob marley yang judulnya is this love??
gw lagi tergila-gila sama lagu ini sejak ada pengamen yang nyanyiin lagu ini pas gw makan di dwilingga sama anak-anak sipil malem sabtu kmaren..

gw suka banget ama bagian lirik yang satu ini..
Is this love - is this love - is this love -
Is this love that Im feelin?
Is this love - is this love - is this love -
Is this love that Im feelin?
I wanna know - wanna know - wanna know now!
I got to know - got to know - got to know now! I-i-i-i-i-i-i-i-i - Im willing and able,
So I throw my cards on your table!
I wanna love you - I wanna love and treat - love and treat you right;
I wanna love you every day and every night..
buat lu-lu pada yang baca tulisan ini.. gak usah penasaran lah ya knapa gw suka banget ama lagu ini.. hehehehe..
kalo mau dengerin bisa donlot di multiply gw.. di defloe.multiply.com

10.1.07

recent songs..

blind melon - no rain
lagi ngoprek-ngoprek lagu-lagu di hardisk. trus nemuin lagu ini. dimasukin playlist. trus nyanyi-nyanyi sebelom mandi. trus nyangkut di otak. trus dibawa kemana-mana.

coldplay - swallowed in the sea
sambil gigitaran di depan himpunan ama sony si partner KP dan insyaallah partner TA. ngebahas lagu-lagunya coldplay. disimpulkan kalo album X&Y nya coldplay baru terasa enak stelah berkali-kali ngedengerinnya. dan lagu ini salah satu yang judulnya disebut ama dia.

club 80's - cinta dan luka
mifbay si temen sebelah kamar dateng nanyain punya lagu ini apa kaga. karena emang gak punya di hardisk. gw cari lah di kampus. ternyata ada. stelah dengerin lagunya, enak juga. stelah merhatiin liriknya, bangke lah.. jleb..jleb..jleb.. 1000x..

chrisye - kisah cintaku
gara-gara budi nyanyi lagu ini pake gitar, gw ikut-ikutan nyanyi. trus anak-anak HMS yang diatas ikutan juga. trus pas budi pulang. lagunya dinyanyiin di winamp aja lah. trus gw nyanyi lagi.

panas dalam - rintihan kuntilanak
lagu gelo...... bikin parno......

just...

melacur dikit..

hari ini nilai-nilai saya keluar, belom semua sih..
tapi setidaknya sementara ini belom ada kabar buruk lah..
hihihi..

sore ini indah..
setidaknya buat saya..
sore yang cerah..
duduk-duduk di depan tugu sukarno..
main gitar..
nyanyi-nyanyi..
denger orasi kemahasiwaan (hareeee geeneee?? ya.. gw emang gak normal)..
nyicip nasi aking buatan teman-teman dari SR dan STSI..
ketemu ratih..
bercakap-cakap sebentar..
mendengar keluhan..
kabar seminarnya..
semoga cepet selesai..
akhirnya dapet pinjeman bukunya wimar witoelar dan fira basuki..
ketemu 2 orang teman ngobrol yang udah lama gak keliatan..
sambil memandangi langit sore yang jingga..
menemukan beberapa hal baru yang sangat menarik..

mengingatkan kalau ternyata hidup itu sangat indah..
terutama disaat-saat seperti ini..
saat beban-beban di pundak saya mulai menghilang..
hanya untuk digantikan dengan beban-beban baru..
nanti..
yang pasti tak akan habis..
sampai ujung usia saya..

ya...
hari yang indah...
cukup indah buat saya ingat...

5.1.07

liquefaction..

berhubung gw lagi blajar buat ujian gempa besok.. jadi kepengen nulis tentang apa yang lagi gw pelajarin..

pernah denger istilah liquefaction? pasti jarang.. lah wong gw aja baru denger di kuliah ini.. hehehehe.. kalo terjadi gempa bumi, salah satu penyebab kerusakan terbesar adalah kejadian liquefation ini..

nah.. ini yang gw mau ceritain..

liquifaction adalah sebuah kejadian dimana kekuatan tanah turun drastis akibat gempa atau akibat pembebanan tiba-tiba lainnya. contoh kejadiannya bisa diliat di gambar berikut. kebayang kan? kalo kejadian gempa, tau-tau tanah tempat bangunan yang super berat tiba-tiba kehilangan kekuatannya buat nahan berat si bangunan. ya ambles lah bangunannya. kayak gambar disamping yang diambil dari gempa niigata jepang tahun 1964. dimana bangunannya tetep utuh tapi ambles kedalam tanah.

apa sih yang bisa bikin hal ini terjadi?

sebelom itu, liquefaction hanya terjadi di tanah pasir yang jenuh air. maksudnya jenuh air adalah, tanah pasir yang berpori-pori itu penuh terisi air di pori-porinya. kurang jelas? liat gambar berikut. itu gambar model tanah berpasir jenuh yang pori-porinya keisi sama air.
nah. liquefaction itu terjadi gara-gara tekanan air dalam tanah meningkat akibat guncangan gempa atau pembebanan tiba-tiba.
gara-gara tekanan airnya meningkat, jarak antar partikel pasir jadi makin renggang. sehingga kekuatan total nya berkurang drastis. jadinya tanah pasir berubah jadi sejenis cairan kayak lumpur gitulah.

karena perubahan tekanan air ini, fenomena yang juga mungkin terjadi adalah naiknya air pori tanah dan membawa pasir yang ada dalam tanah dan jadi sejenis mud volcano. mirip-mirip yang di sidoarjo lah. tapi yang disana beda kasus ama liquefaction yang lagi gw ceritain.

setidaknya ada 3 metode buat meminimalisir dampak dari terjadinya liquefaction ini. pertama dengan menghindari tanah yang rentan terjadi liquefaction. kedua dengan mendesain bangunan yang tahan liquefaction. terutama desain pondasinya. dan yang ketiga dengan melakukan soil improvement.

sekian cerita singkat gw tentang liquefaction. hehehe. skarang lanjut belajar lagi.

oh iya semua yang gw tulis disini referensinya diambil dari :
http://en.wikipedia.org/wiki/Soil_liquefaction
http://www.ce.washington.edu/~liquefaction/html/main.html