Pages

31.1.07

KSM..

akhirnya selesai juga ngurus-ngurus daftar ulang buat semester ini. dan akhirnya resmi punya KSM terakhir di ITB.. hehehe.. (semoga)

di review deh.. semester ini ngambil apa aja..

1. Ekonomi Rekayasa
2. Rekayasa Pondasi Lanjut
3. Manajemen Inovasi
4. Kewirausahaan
5. Jurnalisme Sains dan Teknologi
6. Tugas Akhir

khusus buat poin terakhir, udah dapet tema dari dosen pembimbingnya. tentang jembatan soekarno di menado. disuruh ngerjain re-design pondasi jembatannya. katanya sih kerjaannya susah. tapi biar lah, biar berasa dikit TA nya.

trus buat poin 4 sama 5, sebenernya bukan matakuliah yang perlu diambil sih. cuma menuh-menuhin sks doang. toh ntar di transkrip nilainya juga gak akan bisa dimasukin. soalnya di jurusan gw ada aturan yang ngga ngebolehin ngambil matakuliah pilihan dari luar lebih dari satu mata kuliah. tapi yah sebodo amat lah. ambil aja. nekat...

26.1.07

argh, sepi sekali disini..

oiii!!!! dimana klean???

21.1.07

dangerous mind..

punya prasangka terhadap seseorang itu bisa berbahaya. sepakat? apalagi kalo kita gak pernah tau yang sebenernya.

kenapa bisa muncul prasangka? emang apa sih prasangka itu? berdasarkan kamus.. *cuihh.. sok pake kamus lo dim... ngasal doang juga..* prasangka adalah kata sangka yang artinya kurang lebih adalah menduga dan imbuhan pra- yang digunakan untuk menjelaskan kondisi di awal atau sebelum. jadi kurang lebih arti prasangka adalah dugaan awal. tapi kesan yang ditimbulkan dari penggunaan kata ini identik dengan hal negatif. mungkin itu yang membedakan kata prasangka dengan kata praduga. *mungkin loh ya.. CMIIW..*

okeh lanjut..

prasangka biasanya muncul dari kesan awal yang ditimbulkan ketika berinteraksi dengan seseorang. atau ketika setelah sekian lama berinteraksi dengan seseorang tersebut, lalu kita merasakan ada yang berubah, entah sikap atau penampilan. sampe titik ini gw belom membedakan antara prasangka dengan presepsi.. *hayahh.. kata apapula tu dim.. cemacem aja kaw.. hihihi..*

misalnya gini.. gw ketemu ama orang batak dan bertampang serem. yang pertama kali gw pikirin adalah "ni orang pasti kriminil.." *okeh.. buat orang batak jangan tersinggung yak..no offence yo.. frilo.. in case you read this.. i don't mean it.. kay.. hehehe* itu yang namanya prasangka. asli nya? belom tentu gitu kan? okeh.. kecuali kalo keadaannya lo ketemu ama orang bertampang serem dan nodongin piso.. jelas itu kriminil.. ato mungkin juga orang jualan piso.. hihihi.. sebenernya prasangka ini bikin kita lebih hati-hati dalam menghadapi orang. cuma sering kali jadi kekhawatiran yang berlebih. malah bikin parno. padahal belom tentu begitu.

kalo lo termasuk orang yang sering berprasangka buruk terhadap orang lain. ada baiknya kalo lo mulai berubah. soalnya itu bakal ngeganggu kehidupan lo. lo bakal paranoid sama hal-hal yang sebenernya ga perlu lo takutin. caranya? coba lebih positif thinking. jangan melulu berkesan negatif sama orang lain. don't judge books by it's cover kalo kata pepatah. coba untuk mengenal dulu sebelom menilai. jangan ngeliat doang.. hehehe.. intinya informasi.. cari sebanyak-banyaknya biar nanti gak salah menilai..

nah balik sedikit ke atas.. tadi gw nyebut presepsi kan? secara umum prasangka sama presepsi adalah kata yang sepadan. cuma masalah rasa aja sih bedanya. kalo kata prasangka rasa-rasanya lebih negatif. sementara presepsi lebih positif.. *gw bingung ngejelasinnya sih.. hihihi..* yah kurang lebih gitu lah.. maklum.. lagi rada ngaco otak gw.. jadi aja posting gak jelas kayak gini..

curhat dikit ah.. makin hari makin berat euy.. heuheu..

16.1.07

is this love??

pernah dengerin lagunya bob marley yang judulnya is this love??
gw lagi tergila-gila sama lagu ini sejak ada pengamen yang nyanyiin lagu ini pas gw makan di dwilingga sama anak-anak sipil malem sabtu kmaren..

gw suka banget ama bagian lirik yang satu ini..
Is this love - is this love - is this love -
Is this love that Im feelin?
Is this love - is this love - is this love -
Is this love that Im feelin?
I wanna know - wanna know - wanna know now!
I got to know - got to know - got to know now! I-i-i-i-i-i-i-i-i - Im willing and able,
So I throw my cards on your table!
I wanna love you - I wanna love and treat - love and treat you right;
I wanna love you every day and every night..
buat lu-lu pada yang baca tulisan ini.. gak usah penasaran lah ya knapa gw suka banget ama lagu ini.. hehehehe..
kalo mau dengerin bisa donlot di multiply gw.. di defloe.multiply.com

10.1.07

recent songs..

blind melon - no rain
lagi ngoprek-ngoprek lagu-lagu di hardisk. trus nemuin lagu ini. dimasukin playlist. trus nyanyi-nyanyi sebelom mandi. trus nyangkut di otak. trus dibawa kemana-mana.

coldplay - swallowed in the sea
sambil gigitaran di depan himpunan ama sony si partner KP dan insyaallah partner TA. ngebahas lagu-lagunya coldplay. disimpulkan kalo album X&Y nya coldplay baru terasa enak stelah berkali-kali ngedengerinnya. dan lagu ini salah satu yang judulnya disebut ama dia.

club 80's - cinta dan luka
mifbay si temen sebelah kamar dateng nanyain punya lagu ini apa kaga. karena emang gak punya di hardisk. gw cari lah di kampus. ternyata ada. stelah dengerin lagunya, enak juga. stelah merhatiin liriknya, bangke lah.. jleb..jleb..jleb.. 1000x..

chrisye - kisah cintaku
gara-gara budi nyanyi lagu ini pake gitar, gw ikut-ikutan nyanyi. trus anak-anak HMS yang diatas ikutan juga. trus pas budi pulang. lagunya dinyanyiin di winamp aja lah. trus gw nyanyi lagi.

panas dalam - rintihan kuntilanak
lagu gelo...... bikin parno......

just...

melacur dikit..

hari ini nilai-nilai saya keluar, belom semua sih..
tapi setidaknya sementara ini belom ada kabar buruk lah..
hihihi..

sore ini indah..
setidaknya buat saya..
sore yang cerah..
duduk-duduk di depan tugu sukarno..
main gitar..
nyanyi-nyanyi..
denger orasi kemahasiwaan (hareeee geeneee?? ya.. gw emang gak normal)..
nyicip nasi aking buatan teman-teman dari SR dan STSI..
ketemu ratih..
bercakap-cakap sebentar..
mendengar keluhan..
kabar seminarnya..
semoga cepet selesai..
akhirnya dapet pinjeman bukunya wimar witoelar dan fira basuki..
ketemu 2 orang teman ngobrol yang udah lama gak keliatan..
sambil memandangi langit sore yang jingga..
menemukan beberapa hal baru yang sangat menarik..

mengingatkan kalau ternyata hidup itu sangat indah..
terutama disaat-saat seperti ini..
saat beban-beban di pundak saya mulai menghilang..
hanya untuk digantikan dengan beban-beban baru..
nanti..
yang pasti tak akan habis..
sampai ujung usia saya..

ya...
hari yang indah...
cukup indah buat saya ingat...

5.1.07

liquefaction..

berhubung gw lagi blajar buat ujian gempa besok.. jadi kepengen nulis tentang apa yang lagi gw pelajarin..

pernah denger istilah liquefaction? pasti jarang.. lah wong gw aja baru denger di kuliah ini.. hehehehe.. kalo terjadi gempa bumi, salah satu penyebab kerusakan terbesar adalah kejadian liquefation ini..

nah.. ini yang gw mau ceritain..

liquifaction adalah sebuah kejadian dimana kekuatan tanah turun drastis akibat gempa atau akibat pembebanan tiba-tiba lainnya. contoh kejadiannya bisa diliat di gambar berikut. kebayang kan? kalo kejadian gempa, tau-tau tanah tempat bangunan yang super berat tiba-tiba kehilangan kekuatannya buat nahan berat si bangunan. ya ambles lah bangunannya. kayak gambar disamping yang diambil dari gempa niigata jepang tahun 1964. dimana bangunannya tetep utuh tapi ambles kedalam tanah.

apa sih yang bisa bikin hal ini terjadi?

sebelom itu, liquefaction hanya terjadi di tanah pasir yang jenuh air. maksudnya jenuh air adalah, tanah pasir yang berpori-pori itu penuh terisi air di pori-porinya. kurang jelas? liat gambar berikut. itu gambar model tanah berpasir jenuh yang pori-porinya keisi sama air.
nah. liquefaction itu terjadi gara-gara tekanan air dalam tanah meningkat akibat guncangan gempa atau pembebanan tiba-tiba.
gara-gara tekanan airnya meningkat, jarak antar partikel pasir jadi makin renggang. sehingga kekuatan total nya berkurang drastis. jadinya tanah pasir berubah jadi sejenis cairan kayak lumpur gitulah.

karena perubahan tekanan air ini, fenomena yang juga mungkin terjadi adalah naiknya air pori tanah dan membawa pasir yang ada dalam tanah dan jadi sejenis mud volcano. mirip-mirip yang di sidoarjo lah. tapi yang disana beda kasus ama liquefaction yang lagi gw ceritain.

setidaknya ada 3 metode buat meminimalisir dampak dari terjadinya liquefaction ini. pertama dengan menghindari tanah yang rentan terjadi liquefaction. kedua dengan mendesain bangunan yang tahan liquefaction. terutama desain pondasinya. dan yang ketiga dengan melakukan soil improvement.

sekian cerita singkat gw tentang liquefaction. hehehe. skarang lanjut belajar lagi.

oh iya semua yang gw tulis disini referensinya diambil dari :
http://en.wikipedia.org/wiki/Soil_liquefaction
http://www.ce.washington.edu/~liquefaction/html/main.html