Pages

5.4.05

life is a choice..

"Orang berkembang – anehnya - hanya dalam kondisi lingkungan yang menantang"
L. Ron Hubbard.

percaya apa ngga tapi belakangan ini banyak orang yang berpikir klo perkembangan seseorang tuh malah rusak klo terlalu banyak tekanan. sebenernya apa sih?

klo kita olahraga tubuh kita dikasih beban ato tekanan buat ningkatin kemampuannya, trus klo orang ngehadapin cobaan otomatis bakal ngelakuin usaha buat nyelesain masalah yang dihadapin. cuman entah kenapa belakangan ini makin banyak orang tua yang mengurangi beban yang dihadapi ama anaknya dengan cara ikut campur tangan dalam urusan anaknya. padahal semua yang dilakuin anaknya adalah proses belajar yang mau ga mau harus dihadapin sekarang ato suatu saat nanti.

mungkin (karena gw belom punya anak) orang tua berpikir bahwa si anak masih punya tanggung jawab pada dirinya sebagai orang tua sehingga pilihan2 yang seharusnya dilakukan oleh si anak pun dipilihkan oleh si orang tua. bahkan ketika saatnya si anak melakukan pilihannya sendiri orang tuanya masih ikut campur. jelas ini bakal ngaruhin kemampuan si anak untuk ngambil keputusan ama ngehadapin masalah nantinya. klo kayak gini siapa yang bakal dirugiin?

yah gw cuma bisa mikir gini karena gw sebagai kakak ngerasa saat ini ade2 gw yang muali dewasa banyak yang dibatasi haknya buat ngambil keputusan hidupnya. terlepas dari semua konsekuensi, seharusnya orang tua bukan membatasi dan menyetir. tetapi lebih pada memberikan pengertian akan konsekuensinya. kalo kayak gini terus kapan orang mau dewasa?

No comments: