Pages

21.1.07

dangerous mind..

punya prasangka terhadap seseorang itu bisa berbahaya. sepakat? apalagi kalo kita gak pernah tau yang sebenernya.

kenapa bisa muncul prasangka? emang apa sih prasangka itu? berdasarkan kamus.. *cuihh.. sok pake kamus lo dim... ngasal doang juga..* prasangka adalah kata sangka yang artinya kurang lebih adalah menduga dan imbuhan pra- yang digunakan untuk menjelaskan kondisi di awal atau sebelum. jadi kurang lebih arti prasangka adalah dugaan awal. tapi kesan yang ditimbulkan dari penggunaan kata ini identik dengan hal negatif. mungkin itu yang membedakan kata prasangka dengan kata praduga. *mungkin loh ya.. CMIIW..*

okeh lanjut..

prasangka biasanya muncul dari kesan awal yang ditimbulkan ketika berinteraksi dengan seseorang. atau ketika setelah sekian lama berinteraksi dengan seseorang tersebut, lalu kita merasakan ada yang berubah, entah sikap atau penampilan. sampe titik ini gw belom membedakan antara prasangka dengan presepsi.. *hayahh.. kata apapula tu dim.. cemacem aja kaw.. hihihi..*

misalnya gini.. gw ketemu ama orang batak dan bertampang serem. yang pertama kali gw pikirin adalah "ni orang pasti kriminil.." *okeh.. buat orang batak jangan tersinggung yak..no offence yo.. frilo.. in case you read this.. i don't mean it.. kay.. hehehe* itu yang namanya prasangka. asli nya? belom tentu gitu kan? okeh.. kecuali kalo keadaannya lo ketemu ama orang bertampang serem dan nodongin piso.. jelas itu kriminil.. ato mungkin juga orang jualan piso.. hihihi.. sebenernya prasangka ini bikin kita lebih hati-hati dalam menghadapi orang. cuma sering kali jadi kekhawatiran yang berlebih. malah bikin parno. padahal belom tentu begitu.

kalo lo termasuk orang yang sering berprasangka buruk terhadap orang lain. ada baiknya kalo lo mulai berubah. soalnya itu bakal ngeganggu kehidupan lo. lo bakal paranoid sama hal-hal yang sebenernya ga perlu lo takutin. caranya? coba lebih positif thinking. jangan melulu berkesan negatif sama orang lain. don't judge books by it's cover kalo kata pepatah. coba untuk mengenal dulu sebelom menilai. jangan ngeliat doang.. hehehe.. intinya informasi.. cari sebanyak-banyaknya biar nanti gak salah menilai..

nah balik sedikit ke atas.. tadi gw nyebut presepsi kan? secara umum prasangka sama presepsi adalah kata yang sepadan. cuma masalah rasa aja sih bedanya. kalo kata prasangka rasa-rasanya lebih negatif. sementara presepsi lebih positif.. *gw bingung ngejelasinnya sih.. hihihi..* yah kurang lebih gitu lah.. maklum.. lagi rada ngaco otak gw.. jadi aja posting gak jelas kayak gini..

curhat dikit ah.. makin hari makin berat euy.. heuheu..

6 comments:

rime said...

Si Dimas ga ada kerjaan banget sih, jam 12 malem posting beginian..

kalo ini prasangka atau persepsi?

*yang di atas cuman contoh, jangan dimasukin ati ya..*

Illogical Figa said...

kak dimas, jurusan apa sih? oya, klomau visit ke arcfiga aja. Klo prasangka ka dimas waktu ngeliat saya apa??? hahaha..

frilo said...

iye, Rime..
si Dimas jam segitu dah kesepian, keilangan teman late nite chat..
jadi aja gw dihina-hina sekate-katenye..
gw prasangka baik lah ke semua makhluk hidup..

simplySITA said...

wah.. nyasar dari blognya Rima ya? hohohoho..

persepsi, Dim.. bukan Presepsi. Kalo kamu ikutan kuliah pengantar ilmu komunikasi, persepsi dan sensasi itu dipelajari dalam satu bab. Hekekekekekekekekek..

mual mual deh kuliah ngebahas beginian.

Dimas said...

@rime..
emang gw ga ada kerjaan.. jadi itu kenyataan.. hihihihi..

@figa..
liat di blog lo deh fig..

@frilo..
betulll!!!! kmana kalian semua.. masa tinggal awak sendirian??

@sita..
hohoho.. itu kepleset sit.. eniwei.. disitu dijelasin gak bedanya persepsi sama sensasi??

bodhi said...

ngacung ah, kagak ngarti!!
mas..
(ehm, mungkin "bang" aja kali ya, kalo mas ambigu uy sama namanya)

bang..
kalo nulis apa yang lagi dipikirin gitu aja bagus, (soalnya.. tanpa prasangka atau persepsi, hehe..) tapi kalo dibaca ulang suka lucu juga... coba baca ulang dan perhatiin bahasa lu sendiri, suka lucu tau.