Pages

5.1.07

liquefaction..

berhubung gw lagi blajar buat ujian gempa besok.. jadi kepengen nulis tentang apa yang lagi gw pelajarin..

pernah denger istilah liquefaction? pasti jarang.. lah wong gw aja baru denger di kuliah ini.. hehehehe.. kalo terjadi gempa bumi, salah satu penyebab kerusakan terbesar adalah kejadian liquefation ini..

nah.. ini yang gw mau ceritain..

liquifaction adalah sebuah kejadian dimana kekuatan tanah turun drastis akibat gempa atau akibat pembebanan tiba-tiba lainnya. contoh kejadiannya bisa diliat di gambar berikut. kebayang kan? kalo kejadian gempa, tau-tau tanah tempat bangunan yang super berat tiba-tiba kehilangan kekuatannya buat nahan berat si bangunan. ya ambles lah bangunannya. kayak gambar disamping yang diambil dari gempa niigata jepang tahun 1964. dimana bangunannya tetep utuh tapi ambles kedalam tanah.

apa sih yang bisa bikin hal ini terjadi?

sebelom itu, liquefaction hanya terjadi di tanah pasir yang jenuh air. maksudnya jenuh air adalah, tanah pasir yang berpori-pori itu penuh terisi air di pori-porinya. kurang jelas? liat gambar berikut. itu gambar model tanah berpasir jenuh yang pori-porinya keisi sama air.
nah. liquefaction itu terjadi gara-gara tekanan air dalam tanah meningkat akibat guncangan gempa atau pembebanan tiba-tiba.
gara-gara tekanan airnya meningkat, jarak antar partikel pasir jadi makin renggang. sehingga kekuatan total nya berkurang drastis. jadinya tanah pasir berubah jadi sejenis cairan kayak lumpur gitulah.

karena perubahan tekanan air ini, fenomena yang juga mungkin terjadi adalah naiknya air pori tanah dan membawa pasir yang ada dalam tanah dan jadi sejenis mud volcano. mirip-mirip yang di sidoarjo lah. tapi yang disana beda kasus ama liquefaction yang lagi gw ceritain.

setidaknya ada 3 metode buat meminimalisir dampak dari terjadinya liquefaction ini. pertama dengan menghindari tanah yang rentan terjadi liquefaction. kedua dengan mendesain bangunan yang tahan liquefaction. terutama desain pondasinya. dan yang ketiga dengan melakukan soil improvement.

sekian cerita singkat gw tentang liquefaction. hehehe. skarang lanjut belajar lagi.

oh iya semua yang gw tulis disini referensinya diambil dari :
http://en.wikipedia.org/wiki/Soil_liquefaction
http://www.ce.washington.edu/~liquefaction/html/main.html

12 comments:

frilo said...

liquefaction tuh setau gw pencairan..
mungkin tanah di bawah bangunan tersebut mengalami pencairan..
mungkin..

rime said...

rumus P.V=n.R.T masih berlaku kan?

jadi, bukannya kalo tekanan naik volume akan turun? trus kalo kalo volume berkurang, kenapa airnya malah lumer? bukannya harusnya nyusut ya?

bodhi said...

euh.. beurat oge uy.. pv=nrt? soil improvement? kaga ngarti aaahh... kumaha, damang? ..::kabuurrr::..

dimz said...

@frilo..
yah kurang lebih gitu lah iok.. hehehe..

@rime..
hmm.. gak tau masih berlaku apa ngga.. bukannya rumus itu dipakenya buat fluida ya? hehehe..

gini kali yah.. tekanan air yang naik bikin ikatan antar partikel pasirnya renggang.. jadi volume campuran pasir ama airnya jadi gede.. sampe kondisi nya tekanan airnya turun stelah luber..

hehehe.. penjelasan yang bikin pusing..

@bodhi..
berat?? hihihi.. maklum.. ditulis pas mau ujian..

Kana Haya said...

errr.... itu yang diomongin apaan yah??? *garuk2 kepala*
mostingnya sekalian belajar bwt ujian yupz? =p

frilo said...

pv=nRT seingat gw aplikatif untuk fluida kompresibel.Air mah inkompresibel.Mo ditekan2 terus volume tetap2 aja.
Ya ndak berlaku atuh neng Rime.
Dimas, salut buat postingan loe,gini donk..biar agak profesional..hehe..
Ga melulu tentang cinta dan kekecewaan..

Dimas said...

@kana...
hihihi.. iya sih.. suntuk2 mau ujian.. posting deh.. biar keinget.. hehehe..

Dimas said...

@frilo..
wakakakak.. sial lo.. nanti.. cerita2 macem gitu bakal menyusul lagi.. hihihi..

rime said...

oh gitu ya... soalnya di kuliah selam gua pake rumus itu juga..

oh iya ya.. di kuliah selam yag diitung itu volume udara, bukan volume air.. *plakkk...*

Lucky said...

kadang-kadang gw suka lupa kalo elo tuh anak sipil mas...hehehehe.
(tumben-nulis-yang-nyambung-ama-sipil)

frilo said...

yup, persamaan gas ideal..bukan persamaan gas dan air ideal..hehe..
padahal gw benci banget kimia, biologi juga..
tapi kalo mikrobio gw demen..hehehe..

rime said...

eh, tapi yah.. si mikrobio yang lu demenin itu dulunya biologi loh..