Pages

20.8.06

sebuah selebaran dari om alga..

Untuk memutuskan menjadi mahasiswa adalah hal yang hebat, karena menjadi mahasiswa berbeda dengan menjadi siswa taman kanak-kanak, sebuah institusi perguruan tinggi tentu saja berbeda dengan playgroup, di perguruan tinggi kita tidak hanya datang untuk berkenalan dengan teman, serta sekedar belajar berhitung dan membaca bersama guru. tetapi lebih dari itu.

di perguruan tinggi seorang mahasiswa dituntut untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yaitu menjalani pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, well.. meskipun saat ini tidak semua orang di lembaga yang bersangkutan mengerti dengan baik apa maksudnya.. makanya selalu dilupakan karena dirasa membebani kerja ;P

pendidikan bukan mengajari mahjasiswa berhitung dan menghapal, bukan juga menjadikan ia robot-robot buta untuk kebutuhan industri. tetapi membuat mahasiswa menjadi manusia seutuhnya yang mengetahui potensi dirinya sehingga ia mengerti akan berbuat apa kelak untuk kehidupan.

lantas untuk apa semua ini kelak?
nah disini biasanya mahasiswa indonesia kehilangan jawaban.

gak tau deh..
untuk cari kerja dan jadi kaya raya? rezeki mah bukan kita yang ngatur, banyak yang ga kuliah juga pada jadi orang kaya. karena usahanya. bukan karena kuliah ataw ngga..
untuk menjadi ilmuwan ato seniman? Thomas alpha edison aja dikeluarin dari sekolahnya...
untuk gaya-gaya an? jadi pemaen band bahkan lebih gaya.....:P

makanya kenali lagi apa tujuan pendidikan sesungguhnya, konon katanya pendidikan bertujuan membuat hari esok menjadi lebih baik dari hari ini, nah.. jadi kita gak terlalu pusing bakal jadi apa kelak, yang penting kita melakukan perbaikan bagi diri sendiri, orang tua, lingkungan sekitar dan bahkan dunia..

So what ???
sekarang apa yang bisa kalian lakukan? toh berjuta-juta sarjana produk pendidikan indonesia tidak menghasilkan apa-apa.. mungkin karena terlalu banyak main bilyar dan playstation, dugem atau demo musiman..
silahkan cari jawabnya, yang pasti jawaban tersebut tidak akan kalian temukan di batas-batas ruang kuliah yang kaku itu.. carilah di halaman sekolah, di warung pinggir jalan hingga gedung-gedung megah milik pemerintah.. get real kids... buka mata dan jelajahi isi dunia..

di kampus ini tidak ada yang sia-sia.. pelajari terus setiap jengkalnya, kelak kau akan menemukan cahaya terang di hadapanmu...

salam...

[THEPANASDALAM ketika manggung di acara OHU ITB 06]

*Alga Indria vokalis panasdalam adalah mantan presiden KM-ITB periode 2002-2003

3 comments:

amudi said...

well, money runs the country

rime said...

lu fens the pandal?

wah, mungkin kita sama gara2 lahirnya bareng, haha...

yantisandra said...

Bagi yang berminat dengan DVD-DVD untuk latihan Bilyar dapat menghubungi kami di : http://www.yantisandra.com
dengan harga yang super murah.

Terima kasih